HOME » BERITA » EFEK MENGERIKAN PASANG KOMPONEN KELISTRIKAN AFTERMARKET SEMBARANGAN

Efek Mengerikan Pasang Komponen Kelistrikan Aftermarket Sembarangan

Pemasangan aksesori mobil aftermarket yang tak sesuai standar bisa merugikan pemilik mobil. Apalagi aksesori mobil aftermarket yang berhubungan dengan kelistrikan.

Rabu, 20 Maret 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Youtube)

OTOSIA.COM - Aksesori aftermarket mobil mudah ditemui di beberapa toko otomotif. Apalagi, sekarang aksesori aftermarket juga bisa dibeli secara online.

Biasanya, pemilik mobil ingin tampilan mobilnya lebih menarik dengan menambah aksesori. Tapi meski sifatnya hanya penunjang, ada baiknya pemilik untuk tetap bijak dan teliti saat membeli dan mengaplikasikan. Terlebih lagi soal aksesori kelistrikan, seperti klakson, alarm, lampu LED, bahkan audio.

Sebab, semua yang dijual belum tentu aman untuk dipasang, mengingat statusnya sebagai produk aftermarket. Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelskan, penggunaan aksesori yang bersangkutan dengan instalasi kelistrikan sangat rawan diterapkan, apalagi bila proses pemasangan asal-asalan.

"Untuk aksesori kelistrikan, bila pemasangannya tidak sesuai prosedur, bisa fatal. Kelihatan memang sepele, seperti pasang projector HID, ganti audio, foglamp, speaker, sampai klakson, tapi kalau semua itu dikerjakan tidak benar, dampaknya justru merugikan konsumen," jelas Suparna, seperti dikutip dari laman Auto2000.

Menurut Suparna, tak sedikit kasus pemasangan kelistrikan yang dilakukan di luar standar bengkel resmi. Seperti menyambung kabel asal-asalan tanpa ada soket, lalu proses pengambilan daya yang tidak sesuai.

Kondisi tersebut tanpa disadari akan membuat mobil nantinya bermasalah. Mulai dari aki yang mudah tekor, kerusakan sistem elektrikal lain pada mobil, hingga paling fatal menyebabkan hubungan arus pendek yang bisa picu kebakaran.

"Masalah utamanya bukan hanya pada proses pemasangan, tapi jaminan kualitas aksesori tersebut. Meski sudah dipasang sesuai standar, tapi bila material aksesorinya buruk, otomatis hasilnya tetap akan merugikan," tandasnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR