HOME » BERITA » EFEK PANDEMI CORONA (COVID-19), ESEMKA HENTIKAN PRODUKSI BIMA?

Efek Pandemi Corona (COVID-19), Esemka Hentikan Produksi Bima?

Imbas dari pandemi Corona juga dirasakan oleh pabrikan Esemka

Kamis, 24 September 2020 16:45 Editor : Ahmad Muzaki
Efek Pandemi Corona (COVID-19), Esemka Hentikan Produksi Bima?
Esemka Bima memenuhi pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. (Fajar Abrori / Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Pandemi Corona (COVID-19) turut berimbas ke sektor industri otomotif Indonesia. Bukan hanya produksi yang dihentikan, penjualan motor atau mobil pun menurun drastis. Apalagi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu.

Melansir Liputan6.com, ternyata efek pandemi tidak hanya dirasakan oleh merek-merek asing saja, tetapi juga brand nasional. Esemka juga turut terkena imbasnya. Bahkan pabrikan ini telah menghentikan perakitan modelnya, seperti Bima 1.2 dan Bima 1.3.

"Esemka juga tutup, tapi untuk maintenance alat, maintenance gedung, maintenance fasilitas tetap kita lakukan berkala," jelas Sabar Boedhi, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (24/9/2020).

1 dari 2 Halaman

Lanjutnya, pemberhentian produksi ini juga dilakukan karena banyak vendor atau supplier yang juga tutup, dan tidak bisa mengirim ke pihak Esemka. bahkan, pria ramah ini juga belum bisa memberikan informasi detail, terkait kapan mulai kembalinya produksi Esemka di Tanah Air.

"Doakan pandemi selesai, ada statement ya oke normal bukan new normal ya," tegasnya.

2 dari 2 Halaman

Jumlah Produksi

Sebelum pihak Esemka menghentikan produksi mobilnya, mereka telah mengklaim bahwa sudah melakukan produksi kurang lebih sebanyak 400-an unit.

"Sudah sempat kita kirim juga. Kalau komposisi produksinya, memang lebih banyak Bima 1.2 sekitar 70 persen banding 30 persen," pungkasnya.

BERI KOMENTAR