HOME » BERITA » EFEKTIFKAH ATURAN GANJIL-GENAP DITERAPKAN PADA MOTOR?

Efektifkah Aturan Ganjil-Genap Diterapkan pada Motor?

Kamis, 11 Januari 2018 22:15

Efektifkah Aturan Ganjil-Genap Diterapkan pada Motor?
Foto: Merdeka.com
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana akan menerapkan ganjil genap untuk kendaraan roda dua di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat. Tujuannya untuk memberikan rasa adil kepada seluruh pengguna jalan, terlebih mobil dikenakan aturan tersebut.

Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan, aturan ganjil genap motor tidak akan efektif. Pasalnya aturan tersebut sangat sulit untuk ditegakkan.

Dia mengingatkan, pembatasan kendaraan bukan hanya soal keadilan di jalan. Tetapi ada aspek-aspek lain yang menjadi pertimbangan dari aturan tersebut, seperti keselamatan dan kualitas lingkungan.

"Enggak juga akan efektif. Sekarang siapa yang memberhentikan sepeda motor begitu banyak?" katanya kepada merdeka.com, Kamis (11/1).

Djoko mengatakan, motor lebih mudah untuk mengganti plat nomor dibandingkan mobil. Sehingga adanya penerapan ganjil genap malah akan membuat melanggar aturan menjadi membudaya.

"Kalau saya bilang itu akan makin banyak tipu-tipuan. Plat nomornya dibuat-buat. Lihat aja nanti. Walaupun kemungkinan kalau ketahuan hukumannya akan lebih berat," tutupnya.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER