HOME » BERITA » EFISIENSI WAKTU, MOTOGP PERPENDEK DURASI TUJUH SERI 2018

Efisiensi Waktu, MotoGP Perpendek Durasi Tujuh Seri 2018

Selasa, 06 Februari 2018 10:00
MotoGP perpendek durasi tujuh seri 2018 (c) AFP

Otosia.com - Sebanyak tujuh seri balap MotoGP akan diperpendek untuk musim 2018 dan berikutnya dengan tujuan efisiensi waktu dan jadwal penyelenggaraan. Seri-seri tersebut adalah Austin, Le Mans, Barcelona, Brno, Misano, Jerez dan Valencia, demikian yang dilansir oleh Motomatters.


Balapan di Austin, Le Mans, Barcelona, Brno dan Misano akan dipotong sebanyak satu lap, sementara Jerez dan Valencia masing-masing akan dipotong sebanyak dua dan tiga lap. Tujuan dari pemendekan durasi balap ini adalah untuk menciptakan konsistensi jadwal balap.


Sebelumnya, regulasi MotoGP memiliki aturan spesifik soal batas minimal (95 km) dan maksimal (130 km) jarak balap, namun untuk musim ini, spesifikasi jarak tersebut telah dihapuskan. Jarak balap di semua seri kini ditentukan oleh Permanent Bureau, yang berisi beberapa perwakilan dari FIM dan Dorna Sports.


Regulasi lama soal jarak balap, mengakibatkan variasi durasi balap, yang bisa berlangsung selama 40-45 menit, dan membuat jadwal siaran televisi bermasalah. Belum lagi adanya kemungkinan penundaan start akibat cuaca buruk, yang jelas akan merugikan para pemegang hak siar. Penonton di rumah juga tak tentu bisa melihat wawancara di di parc ferme atau selebrasi di podium.


Perubahan ini juga disinyalir bakal penting untuk tahun-tahun mendatang, mengingat sejak 2019 nanti Grand Prix balap motor akan kehadiran satu kelas lagi, yakni Moto-e, kejuaraan dunia balap motor elektrik yang akan berdurasi 20 menit. Dengan memotong durasi balap MotoGP, jadwal balap akan lebih efisien.


Tujuh seri MotoGP 2018 dengan durasi balap yang diperpendek:
Austin, Texas : 21 lap menjadi 20 lap
Jerez, Spanyol : 27 lap menjadi 25 lap
Le Mans, Prancis : 28 lap menjadi 27 lap
Barcelona, Catalunya : 25 lap menjadi 24 lap
Brno, Ceko : 22 lap menjadi 21 lap
Misano, San Marino : 28 lap menjadi 27 lap
Valencia, Spanyol : 30 lap menjadi 27 lap (mm/kny)

BERI KOMENTAR