HOME » BERITA » EKSPEDISI KARTINI 4 SUDAH SAMPAI TANAH BORNEO

Ekspedisi Kartini 4 Sudah Sampai Tanah Borneo

Sabtu, 10 Maret 2018 10:45

Ekspedisi Kartini 4 Sudah Sampai Tanah Borneo
Foto : Mouzza Zee
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mengusung nama 'Ekspedisi Kartini 4', seorang lady biker asal Kota Malang melakukan single touring ke Merauke. Perempuan yang akrab disapa Mouza Zee itu akan memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada anak-anak di sana. Tak hanya itu, pemilik nama asli Siti Muzainah ini pun akan mengenalkan potensi wisata dan budaya Malang Raya.

Perjalanan ini ia mulai sejak 1 Maret 2018 lalu. Mouzza dilepas dalam seremonial yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni.

Selepas dari Malang, ia menyambangi Makam RA Kartini di Rembang. Setelah itu, Mouzza melanjutkan perjalanannya ke Semarang. Sehari sebelum menyeberang ke Kalimantan, Mouzza diundang ke Universitas Diponegoro, Semarang, untuk sharing bersama dengan beberapa mahasiswa S3 di sana.

Menempuh jalur laut selama 2 hari, ia pun akhirnya menjejekakkan kaki di Tanah Borneo, Kalimantan. Sambutan diberikan oleh bikers Pontianak begitu kapalnya menepi pada 6 Maret.

Kartini bermotor ini pun diundang untuk hadir di Universitas Tanjungpura, Pontianak. Keraton Kadriyah menjadi destinasi berikutnya. Di sana, ia belajar mengenai sejarah Kota Pontianak. Tugu khatulistiwa pun tak lupa dikunjungi sebelum akhirnya finish di Singkawang.

Road to Merauke berlanjut pada 8 Maret dengan menempuh rute Sambas-Singkawang. Dalam perjalanan, ia pun belajar toleransi antar umat beragama. Hal itu ia dapatkan Setelah mengunjungi klenteng tertua di Singkawang yang berdempetan dengan masjid. Ia juga menuturkan bahwa etnis Tionghoa dan Melayu hidup berdampingan dengan rukun.

Setelah melewati Singkawang, Ekspedisi Kartini 4 berlanjut ke Aruk, perbatasan Malaysia dan Indonesia. Di sana, ia melihat WNI yang bekerja di Negeri Jiran tanpa disertai dokumen yang lengkap.

Hari ini, 10/3, ia akan melanjutkan perjalanan ke Sampit. Setelah melibas tanah Borneo, Muouzza akan menyeberang ke Sulawesi sebelum akhirnya merapat ke Maluku. Setelah kembali menumpang kapal feri, Mouzza akan menghabiskan jalanan lintas Papua dan berakhir di Merauke.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER