HOME » BERITA » EKSPEDISI KARTINI 5, JALAN-JALAN BARENG KELUARGA RA KARTINI

Ekspedisi Kartini 5, Jalan-Jalan Bareng Keluarga RA Kartini

Medan yang tak mudah kembali ditempuh lady biker Mouza Zee dalam Ekspedisi Kartini ke-5. Meskipun rute yang ditempuh tak sejauh rute Ekspedisi Kartini ke-4, tapi perjalanan tahun ini tetap berkesan bagi Mouzza.

Rabu, 24 April 2019 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Perjalanan Ekspedisi Kartini 5 Mouzza Zee (Istimewa)

OTOSIA.COM - Medan yang tak mudah kembali ditempuh lady biker Mouza Zee dalam Ekspedisi Kartini ke-5. Meskipun rute yang ditempuh tak sejauh rute Ekspedisi Kartini ke-4, tapi perjalanan tahun ini tetap berkesan bagi Mouzza.

Ekspedisi Kartini 2019 ini berakhir mengunjungi keluarga tokoh pejuang emansipasi wanita, RA Kartini, di Jepara, Jawa Tengah. Berangkat dari Kota Malang, Jawa Timur, pada 18 April 2019 lalu, Mouzza melewati rute Blitar, Kediri, Nganjuk, Bojonegoro, Blora, Rembang, Pati, Kudus, dan Jepara.

Saat tiba di Blitar, pemilik nama asli Siti Muzainah itu menyempatkan diri untuk ziarah ke makam Bung Karno dan mertua RA Kartini, Djojodjidan. Dari Blitar, Mouzza menuju Kediri lalu Nganjuk dan dilanjutkan ke Bojonegoro.

Rangkaian perjalanan Ekspedisi Kartini 5 Mouzza Zee (Istimewa)

Medan cukup menantang dihadapi Mouzza saat melintasi jalur Nganjuk hingga Bojonegoro. Sebab jalur ini memang terdiri dari hutan-hutan yang cukup lebat di kanan dan kiri jalan. Selain itu jalannya juga naik-turun.

Memasuki wilayah Jawa Tengah, waktu sudah malam. Tapi Mouzza tetap harus melakukan perjalanan. Hingga dia baru sampai di Rembang sekitar pukul 03.00 WIB. "Aku sempat nyasar juga waktu menuju Rembang," akunya kepada Otosia.com.

Rangkaian perjalanan Ekspedisi Kartini 5 Mouzza Zee (Istimewa)

Saat di Rembang, sesuai tujuannya, Mouzza Zee berkunjung ke makam RA Kartini. Lady biker asal Kota Malang itu juga sempat bertemu dengan canggah RA Kartini.

Bersama dengan canggah RA Kartini, RA Trinila Diah Kusumaningrum, Mouzza ditemani jalan-jalan ke pantai Karangjae. Selama berjalan-jalan itu, Trinil, sapaan akrabnya, juga bercerita soal bagaimana RA Kartini di mata keluarganya.

Dari Rembang, Mouzza melanjutkan perjalannya menuju Jepara. Tak lupa Mouzza juga memakai atasan kebaya berwarna pink andalannya. Lelah berkendara dengan Yamaha Byson warna pink-nya itu terbayar saat dirinya disambut hangat oleh keluarga mendian RA Kartini. Mouzza mendatangi museum dan rumah Kartini.

Rangkaian perjalanan Ekspedisi Kartini 5 Mouzza Zee (Istimewa)

Setelah selesai dengan pertemuan itu. Ekspedisi Kartini 5 disudahi dengan kembalinya Mouzza ke kota asalnya, Kota Malang. Namun sayangnya, tak hanya saat memulai perjalanan aral rintangan menghadangnya. Saat pulang, motor Mouzza mengalami beberapa masalah, hingga tiga kali masuk bengkel.

Tapi semua itu sudah tuntas terbayar kala Ekspedisi Kartini 5 ini sudah selesai dilakukan. "Meskipun banyak rintangannya sih, aku senang karena bisa ketemu keluarga RA Kartini," pungkas Mouzza.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR