HOME » BERITA » EKSPERIMEN INI UNGKAP SISTEM AUTOPILOT TESLA BISA DIAKALI

Eksperimen Ini Ungkap Sistem Autopilot Tesla Bisa Diakali

Hasil eksperimen yang dilakukan oleh Consumer Reports menemukan kelemahan dari sistem autopilot Tesla. Sensor pada sabuk pengaman dan setir mobil Tesla bisa diakali.

Minggu, 25 April 2021 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Eksperimen Ini Ungkap Sistem Autopilot Tesla Bisa Diakali
Tesla Model Y (Carbuzz)

OTOSIA.COM - Consumer Reports melakukan pengujian terhadap sistem autopilot Tesla yang baru-baru ini sering jadi sorotan. Hasil eksperimen itu cukup mengejutkan, lantaran terkesan bertolak belakang dengan klaim Tesla.

Dilansir dari Zing, Consumer Reports mencoba sistem autopilot Tesla tanpa adanya orang yang duduk di belakang setir mobil atau kursi pengemudi. Tim Consumer Reports menggunakan rantai untuk menggantung benda berat di ujung bawah dan mengikatnya ke setir untuk mensimulasikan keberadaan tangan manusia di setir.

1 dari 2 Halaman

Pada saat yang sama, sabuk pengaman juga dipasang seolah-olah ada yang menggunakan kursi pengemudi. Kemudian, pengemudi pindah ke kursi lain dan mengaktifkan mode autopilot.

Tesla Model Y yang mereka gunakan tetap melaju ratusan meter di lintasan uji tanpa memberikan peringatan apa pun, padahal tidak ada seorang pun di kursi pengemudi.

2 dari 2 Halaman

Melalui pengujian ini, pakar dari Consumer Reports menemukan bahwa sistem Tesla tidak menggunakan sensor jok dan kamera kecil untuk melacak pergerakan mata pengemudi seperti pabrikal lain. Sistem semacam ini sudah diterapkan di mobil pabrikan Subaru, Ford, dan General Motors belum lama ini.

Sementara Tesla menggunakan sensor di roda kemudi dan sabuk pengaman untuk mendeteksi jika seseorang berada di balik kemudi. Eksperimen Consumer Reports menemukan kelemahan dari sistem yang diterapkan Tesla.

BERI KOMENTAR