HOME » BERITA » ELON MUSK KIRIM TESLA ROADSTER PRIBADINYA KE LUAR ANGKASA

Elon Musk Kirim Tesla Roadster Pribadinya ke Luar Angkasa

Senin, 12 Februari 2018 18:00

Elon Musk Kirim Tesla Roadster Pribadinya ke Luar Angkasa
Foto: Space X
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Merek mobil asal Amerika Serikat, Tesla, saat ini mengalami masa kejayaan dengan 3 mobil andalannya, yakni sedan Model S, Model 3, dan SUV Model X yang begitu fenomenal.

Tentunya Tesla tidak melupakan mobil listrik pertamanya, yakni Tesla Roadster, mobil sport listrik yang berbasiskan pada sasis Lotus Elise.

Pertama kali meluncur di tahun 2008, Tesla mengakhiri hidup Roadster pada 2012 untuk memberi jalan untuk produksi mobil listrik tesla yang lainnya.

Namun, rupanya Elon Musk masih memiliki 1 tugas lagi untuk Tesla Roadster meski sudah pensiun pensiun, yakni menjadi petualang di luar angkasa.

Elon Musk sukses meluncurkan Tesla Roadster pribadinya di dalam roket roket SpaceX terbaru, Falcon Heavy pada hari Rabu (7/2/2018) pagi atau Selasa pukul 15.45 waktu Florida, Amerika Serikat.

Roket terkuat tersebut berhasil meluncur tanpa hambatan apapun padahal sebelumnya banyak pihak yang mengklaim bahwa peluncurannya terlalu beresiko. Roket yang di dalamnya ada satu unik mobil listrik Tesla Roadster itu akan mengorbit ke Mars dan saat ini sedang melayang-layang di luar angkasa.

Businessman sekaligus pendiri Tesla, SpaceX dan Paypal, Elon Musk, berhasil meluncurkan sebuah roket yang diberi nama Falcon Heavy. Roket ini diklaim sebagai moda transportasi luar angkasa terkuat karena mampu mengangkat beban seberat 64 ton!

Seperti yang diberitakan oleh KapanLagi.com, untuk uji coba terbangnya, Elon Musk memasukkan sebuah mobil sports Tesla berwarna merah. Mobil seharga Rp 1,3 Miliar tersebut menjadi mobil listrik pertama yang melayang di luar angkasa. Elon Musk pun sempat berkelakar tentang inovasinya ini.

"Aku membayangkan mobil tersebut melayang tanpa henti di luar angkasa dan ditemukan oleh ras alien jutaan tahun mendatang," ungkapnya.

Di dalam mobil tersebut, Elon memasang sebuah manekin bernama Starman dengan pakaian astronot di ruang kemudi. Tak hanya itu, ia juga memutar sebuah lagu bertajuk Space Oddity yang dinyanyikan oleh mendiang David Bowie secara terus menerus.

Starman saat ini sedang dalam perjalanan menuju orbit Mars kemudian berlanjut ke sabuk asteroid. Menurut estimasi, mobil tersebut sudah berjalan sesuai dengan lintasan menuju Mars.

Butuh waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk Roadster menjelajah luar angkasa. Namun jarak dari Roadster ke Mars dari Bumi diperkirakan akan mencapai waktu 6 bulan.

Namun perhitungan berbeda justru dikemukakan oleh ahli Astrofisika asal Harvard, Jonathan McDowell. Menurutnya, mobil Tesla akan sampai ke planet Mars pada bulan Oktober tahun 2020 mendatang.

Musk pun mengakui bahwa tidak menutup kemungkinan misi tersebut akan gagal. Resikonya, ia harus merelakan mobil tersebut melayang-layang di sela orbit bumi dan Mars selama jutaan hingga miliaran tahun mendatang.

Meski begitu, Elon Musk patut berbangga karena berhasil berinovasi meluncurkan mobil listrik dengan misi ke Mars untuk pertama kalinya. Kiprah Elon bisa juga jadi jalan bagi para penemu dan ahli sains di luar sana untuk mengembangkan misi tersebut.

 (kpl/fdk)

Tesla Roadster
 
10 Foto






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-2-13
detail

BERITA POPULER