HOME » BERITA » EMAK-EMAK EMOSI LIHAT TREK UJIAN SIM, MALAH PICU ORANG 'NEMBAK'

Emak-emak Emosi Lihat Trek Ujian SIM, Malah Picu Orang 'Nembak'

Perihal komentar tersebut merujuk pada tingkat kesulitan jalan untuk pengujian yang dinilainya enggak masuk akal.

Minggu, 21 November 2021 14:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Emak-emak Emosi Lihat Trek Ujian SIM, Malah Picu Orang 'Nembak'
Emak-emak curhat soal uji SIM (Instagram/@lambeturah_official)

OTOSIA.COM - Sebuah video yang mempertontonkan proses uji Surat Izin Mengemudi (SIM) beberapa waktu lalu viral di sosial media. Rupanya, video itu dikomentari oleh netizen emak-emak yang emosi melihat video itu.

Perihal komentar tersebut merujuk pada tingkat kesulitan jalan untuk pengujian yang dinilainya enggak masuk akal.

1 dari 6 Halaman

Rekaman tersebut lantas diunggah oleh akun Instagram @lambeturah_official. Dalam keterangan videonya, wanita itu mempertanyakan mengapa Kepolisian Republik Indonesia membuat ujian yang menyulitkan seperti itu.

"Buat Kepolisian Republik Indonesia ya ngapain sih bikin trek kayak begini? Tolong ya bikin trek yang masuk akal," jelas wanita itu.

Menurutnya, trek yang digunakan akan bikin pemohon SIM tidak lulus dan memperlancar aliran korupsi.

2 dari 6 Halaman

"Apalagi buat emak-emak seperti kita-kita ini, auto enggak bakalan lulus deh dan auto nembak," sambungnya.

Ia pun menegaskan dan berharap bila videonya ini akan mengubah kebijakan pihak berwenang. Terlebih diakui dia sendiri akan melakukan uji SIM.

"Oke saya tunggu ya, mudah-mudahan ada perubahan," harapannya. Soalnya saya mau bikin SIM, saya enggak mau kalau trek nya kayak begini," tutupnya.

 

3 dari 6 Halaman

Reaksi Netizen

Curhatan wanita ini pun menuai banyak komentar dari netizen. Ternyata banyak juga yang mendukung.

"TAPI EMANG BENER LHO," tulis akun anisasadewa.

"Emak siapa nih??? Keren ????????????," tulis akun izal_rosdan.

"Wkwkwkwkwkkwk ????????????????????," tulis akun dionitaaa.

"Salut buat ibu????," tulis akun marliani_emili.

"Jangan salah bukkk itu track untuk melatih keseimbangan menghadapi rintangan benteng takeshi????," tulis akun rizkakoba.

"Semangat , maju terus buuuu????," tulis akun wahidahdaryana.

4 dari 6 Halaman

Proses Pemohonan SIM

Merunut keterangan dari laman resmi humas.polri.go.id, SIM merupakan bukti registrasi serta identifikasi yang diberikan Polri kepada seseorang yang sudah memenuhi berbagai macam persyaratan. Mulai dari administrasi, sehat jasmani maupun rohani, memahami peraturan lalu lintas hingga trampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Hal tersebut berdasarkan UU No. 2 Tahun 2002 Pasal 14 ayat (1) b dan Pasal 15 ayat (2) c. Selain itu juga memiliki dasar hukum dari Peraturan Pemerintah No. 44/ 1993 Pasal 216.

5 dari 6 Halaman

Adapun persyaratan pemohon SIM sesuai dengan Pasal 217 (1) PP 44/93 adalah sebagai berikut:

1. Permohonan tertulis

2. Bisa membaca serta menulis

3. Mempunyai pengetahuan peraturan lalu lintas jalan dan teknik dasar kendaraan bermotor

4. Batas usia 16 Tahun untuk SIM Golongan C 17 Tahun untuk SIM Golongan A 20 Tahun untuk SIM Golongan BI/ BII 

5. Terampil dalam mengemudikan kendaraan bermotor

6. Sehat jasmani dan rohani

7. Lulus ujian teori dan praktik

6 dari 6 Halaman

 

BERI KOMENTAR