HOME » BERITA » ERA TEKNOLOGI, PEMKAB CIAMIS PERKENALKAN INOVASI UJI KIR KENDARAAN TANPA KERTAS

Era Teknologi, Pemkab Ciamis Perkenalkan Inovasi Uji Kir Kendaraan Tanpa Kertas

Nantinya inovasi yang diluncurkan pada Kamis, 2 Juli 2020 lalu ini akan permudah masyarakat ketika hendak lakukan pemeriksaan kendaraan dengan hanya andalkan aplikasi smartphone

Selasa, 07 Juli 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Era Teknologi, Pemkab Ciamis Perkenalkan Inovasi Uji Kir Kendaraan Tanpa Kertas
Uji Kir Kendaraan Ciamis. ciamiskab.go.id ©2020 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Untuk memudahkan uji kir kendaraan praktis oleh Dinas Perhubungan setempat, Pemerintah Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu kenalkan inovasi baru. Teknologi paperless ini memiliki nama BLUe atau Bukti Lulus Uji Elektronik.

Nantinya inovasi yang diluncurkan pada Kamis, 2 Juli 2020 lalu ini akan permudah masyarakat ketika hendak lakukan pemeriksaan kendaraan dengan hanya andalkan aplikasi smartphone.

1 dari 3 Halaman

Menekan Biaya

Menurut Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, melansir Merdeka.com dari laman ciamiskab.go.id, BLUe nantinya akan sangat membantu bagi kedua belah pihak, baik pemilik kendaraan maupun Dinas Perhubungan dalam melakukan proses pelayanan uji kelayakan kendaraan.

?Suatu inovasi, suatu terobosan tentunya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, kita tentunya sebagai Aparatur Sipil Negara harus menjaga integritas, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan dengan adanya BLUe ini tidak mempersulit, justru harus mempercepat dan mempermudah bahkan murah? kata Bupati saat hadir dalam launching BLUe di UPTD Pengujian kendaraan bermotor, Jl. Otto Iskandardinata, Lingkar Selatan, Benteng, Kab Ciamis.

2 dari 3 Halaman

Mulai Diterapkan Juli 2020

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Endang Sutrisna menjelaskan jika program yang dianggap ramah lingkungan tersebut karena tidak memakai kertas dan sudah mulai berlaku Juli 2020 ini. Hal tersebut berdasarkan acuan pada instruksi Menteri Perhubungan Darat.

?BLUe ini merupakan bentuk alih teknologi yang awalnya hanya buku biasa dan ditandatangani secara manual, saat ini beralih menuju bentuk digital berupa kartu kecil atau smartcard, kemudian dipasar di kendaraan terkait, sehingga bisa dideteksi melalui smartphone? papar Endang.

3 dari 3 Halaman

Membantu Masyarakat Agar Bisa Tertib

Lebih lanjut, Endang menambahkan jika keunggulan aplikasi ini yakni bisa membantu masyarakat dlaam melakukan pengecekan kendaraan. Diharapkan, dengan waktu yang makin singkat dan biaya irit masyarakat bisa tertib dalam urusan kir.

Menurutnya, Ciamis sudah memenuhi standar untuk beralih teknologi dari buku kir manual ke ranah penggunaan BLUe yang praktis. Para pengusaha berbasis kendaraan bermotor atau angkutan barang tidak akan kerepotan lagi ketika harus memeriksakan kendaraannya.

?Mudah-mudahan dengan diberlakukannya pola pengecekan terbaru ini, akan memajukan Ciamis dengan dipermudah dalam proses usaha dan memudahkan mengecek kepemilikan kendaraan bermotor,? imbuhnya.

BERI KOMENTAR