HOME » BERITA » EVOLUSI TOYOTA KIJANG INNOVA DARI MASA KE MASA

Evolusi Toyota Kijang Innova dari Masa ke Masa

Toyota Kijang Innova masih menjadi primadona mobil keluarga di Indonesia. Mobil turunan Toyota Kijang ini sudah beberapa kali mengalami ubahan.

Jum'at, 11 Oktober 2019 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Evolusi Toyota Kijang Innova dari Masa ke Masa
Toyota Kijang Innova Reborn (Toyota)

OTOSIA.COM - Salah satu mobil keluarga yang jadi andalan Toyota, Kijang Innova seolah menjadi mobil favorit sepanjang masa. Kijang Innova dikenal dengan kenyamanan dan keandalannya.

Dikutip dari laman Auto2000, Toyota Kijang Innova adalah turunan dari mobil legenda Toyota Kijang. Si Kijang itu pertama kali lahir dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) pada 1977.

Dari tahun ke tahun, Kijang berevolusi menjadi Innova. Tak hanya membawa nama Kijang, tapi DNA Kijang juga masih dipakai Innova.

1 dari 4 Halaman

2004-2008

Evolusi Toyota Kijang Innova dari Masa ke Masa2004-2008

Toyota Kijang Innova hadir untuk pertam kalinya pada tahun 2004. Generasi pertama ini bertahan hingga tahun 2008. Innova pertama ini memakai mesin VVT-i 2.000cc TR-FE dengan tenaga 134 hp.

Ada juga versi diesel D4D Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Mesin diesel ini berkapasitas 2.500cc. Pilihan mesin diesel ini hanya tersedia untuk tipe E, G, dan V. Sementara itu, pilihan transmisi otomatis, hanya tersedia untuk tipe G dan V.

Saat itu, tipe E sudah menggunakan lapisan jok fabric dan 4 speaker. Tipe G juga 4 speaker dan 2 tweeter, plus high adjuster untuk pengaturan jok.

Khusus pada tipe G Luxury, ada tambahan pilihan layar monitor di plafon 8 inci. Fitur paling lengkap dimiliki tipe V, sekaligus menjadi tipe tertinggi Kijang Innova.

Interiornya sudah dihiasi aksen wood panel dan balutankulit sintetis. Tipe V juga sudah menggunakan AC digital dan Multi Information Display (MID).

Sedangkan tipe V Luxury semakin mewah dengan kursi bergaya captain seat pada baris kedua.Eksteriornya mendapatkan banyak aksesori tambahan yang lebih mewah dari tipe lainnya.

2 dari 4 Halaman

2008-2011

Evolusi Toyota Kijang Innova dari Masa ke Masa2008-2011

Toyota memberikan penyegaran kepada Kijang Innova pada tahun 2008. Desain grilnya diberi sentuhan krom dengan model empat garis horizontal. Lampu utama depan dan belakang juga baru, begitu juga dengan lekukan bumpernya.

Tahun 2009, Toyota memberikan varian terndah Kijang Innova, tipe J. Secara fitur, model ini hanya dilengkapi dengan AC depan, power steering, power window, dan velg 14 inci, tanpa perangkat audio.

Versi facelift kedua Innova hadir pada sekitar tahun 2011. Eksteriornya lebih fresh dengan adanya gril horizontal lima bilah berlapis krom. Model lampu depan juga berubah seolah bersayap dan dipadukan dengan fog lamp.

Pada facelift kedua ini, tipe J diberi tambahan head unit double DIN, 4 speaker, AC double blower, velg kaleng 14 inci, wiper belakang, dan wiper intermittent.

3 dari 4 Halaman

2013-2015

Evolusi Toyota Kijang Innova dari Masa ke Masa2013-2015

Versi facelift ketiga Kijang Innova hadir pada sekitar tahun 2013. Semua tipe Kijang Innova dilengkapi dengan dual SRS airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force limiter.

Sementara tampilannya diberi sedikit sentuhan. Desainnya lebih lebar lengkap dengan body kit underguard, serta cover fog lamp baru yang membuatnya lebih berkelas.

Model ini menjadi versi terakhir hingga akhirnya Toyota mengeluarkan versi all new pada tahun 2016. Versi ini kemudian dijuluki Kijang Innova Reborn.

4 dari 4 Halaman

Innova Reborn

Evolusi Toyota Kijang Innova dari Masa ke MasaInnova Reborn

Berstatus all new, tak ada lagi tampilan bulat pada bagian depan, seluruh strukturnya dibuat lebih padat dengan garis-garis semi kotak, baik bagian depan, samping, sampai belakang.

Innova Reborn tipe Q mendapatkan LED Projector serta beberapa pemanis lain. Seperti lis krom di bawah gril, gagang pintu, cover spion, side body moulding, garnish belakang berlapis krom, juga penambahan rear difusser.

sementara itu, tipe G dan V masih bertahan dengan lampu halogen multireflector, dilengkapi dengan DRL LED, gril heksagonal dan penempatan lampu sen unik di samping fog lamp.

Velg tipe G dan V berukuran 16 inci berwarna silver. Sedangkan tipe Q berukuran 17 inci 5-palang baru. Sistem pengereman depan menggunakan cakram dan belakang memkaai tromol, untuk semua tipe.

Tipe G juga sudah menggunakan spion elektrik dengan warna senada bodi. Sementara tipe V dan Q ditambah dengan retractable mirror dan welcome light.

Interiornya juga mendapatkan ubahan lebih modern dan futuristik. Tatanan dasbor serta ragam panel fungsi dirancang agar ergonomis sehingga mudah dijangkau. Tentu masing-masing tipe memiliki perbedaan masing-masing.

Pilihan mesinnya masiha da dua jenis, yakni bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000cc dan diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400cc lengkap dengan VNT Intercooler.

BERI KOMENTAR