HOME » BERITA » EXXONMOBIL BERAMBISI JADI PEMAIN UTAMA PELUMAS DI INDONESIA

ExxonMobil Berambisi Jadi Pemain Utama Pelumas di Indonesia

ExxonMobil Lubricants Indonesia dengan brand Federal Oil dan Mobil berambisi masuk tiga besar penjualan pelumas di Indonesia.

Kamis, 10 September 2020 20:15 Editor : Nazarudin Ray
ExxonMobil Berambisi Jadi Pemain Utama Pelumas di Indonesia
ExxonMobil Lubricants Indonesia dalam Media Gathering virtual (Istimewa)

OTOSIA.COM - ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) berambisi menjadi pemain utama pelumas kendaraan di Indonesia dalam 3 dampai 4 tahun mendatang. Target tersebut mencakup pelumas roda dua dengan brand Federal Oil dan roda empat dengan merek Mobil.

Hal ini disampaikan Patrick Adhiatmadja, Presiden Director PT Federal Karyatama (FKT) dalam media gathering virtual, Rabu (9/9/2020). Bahkan secara keseluruhan EMLI mematok 3 besar penjualan pelumas di Indonesia.

"Kami ingin menjadi pemain utama top 3 atau top 2 di Indonesia dalam waktu 3-4 tahun ke depan," kata Patrick.

1 dari 3 Halaman

Menurut Patrick salah satu modal utama mengejar ambisi tersebut adalah brand Federal Oil yang sudah masuk pemain utama pelumas roda dua di Indonesia. Secara terintegrasi, berikutnya adalah mendorong merek Mobil dapat berbicara banyak di pasar oli roda empat.

"Di roda dua, Federal Oil sudah jadi pemain uatama, tapi Mobil belum menjadi pemain utama di Indonesia. Oleh sebab itu tujuan kami adalah menjadi lebih kompetitif di pasar, dan kami ingin membawa teknologi dan kualitas kelas dunia di Indonesia," tukasnya.

Untuk mengejar ambisi tersebut, selain menciptakan produk yang kompetitif, pihak EMLI sudah melakukan konsolidasi internal dan memperkuat pondasi kedua perusahaan tersebut setelah menjadi satu.

 

2 dari 3 Halaman

"Pertama yang dilakukan konsolidasi ke dalam, melakukan integration dari dua organisasi yang masing-masing punya kekuatan yang unik. Federal Oil datang dengan sumbangsih kekuatan di pasar roda dua dan business practice di B2C. Sementara ExxonMobil datang dengan kekuatan commercial, industri dan B2B. Kalau digabung keduanya menjadi komplit. Itu dulu yang akan kami lakukan," terangnya.

Menurut Patrick proses integrasi kedua perusahaan tersebut telah berjalan selama 2 tahun. ExxonMobil diposisikan melakukan pemasaran dan distribusi produk, sementara Federal Karyatama menjadi backbone support dari produk-produk yang disalurkan melalui ExxonMobil.

Pabrik PT Federal Karyatama di Cilegon, Banten kini tidak hanya menghasilkan pelumas sepeda motor Federal Oil, namun sudah sanggup memproduksi pelumas roda empat dengan merek Mobil. Sebelumnya produksi oli Mobil dilakukan di pabrik ExxonMobil di kawasan industri Jurong di Singapura.

 

3 dari 3 Halaman

"Ini adalah sebuah prestasi besar, karena untuk memproduksi pelumas merek Mobil tentu harus melalui sebuah penelitian terhadap proses-proses pabrik, sampai akhirnya kami berhak memproduksi pelumas merek Mobil di indonesia," pungkasnya.

Sejak tahun 2018 lalu PT Federal Karyatama (FKT), produsen pelumas terkemuka dengan merek Federal Oil dan Federal Mobil telah menjadi bagian dari Exxon Mobil UK Limited atau ExxonMobil.

Saat ini EMLI mendukung banyak bisnis B2C dan B2B di Indonesia, tidak hanya konsumen roda dua dan roda empat, namun juga industri penting untuk pembangunan negara ini, seperti transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi.

EMLI juga telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia, dan terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

 

BERI KOMENTAR