HOME » BERITA » F1 2020 AUSTRALIAN GP BATAL, 1.800 BAN PIRELLI DIBAKAR

F1 2020 Australian GP Batal, 1.800 Ban Pirelli Dibakar

Ratusan ribu ban Pirelli sengaja dibakar usai pembatalan balap F1 2020 Australian GP dan penundaan Bahrain GP dan Vietnam GP.

Jum'at, 20 Maret 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
F1 2020 Australian GP Batal, 1.800 Ban Pirelli Dibakar
Ban F1 (Autosport.com)

OTOSIA.COM - Setelah pembatalan F1 2020 Australian GP, dua seri selanjutnya pun ditunda, Bahrain GP dan Vietnam GP. Kemungkinan balapan F1 musim ini pun baru akan kembali digelar bulan Mei 2020.

Sayangnya setelah pembatalan itu banyak efek yang harus dihadapi. Salah satunya soal penggunaan peralatan balap. Dilansir dari Autosport, Pirelli jadi salah satu pihak yang merasakan dampaknya.

Setidaknya ada 1.800 ban F1 milik Pirelli yang harus dihancurkan setelah pembatalan itu. Hal ini lantaran ban yang sudah terpasang harus dilepas dari velgnya dan tak mungkin dipakai lagi untuk balapan berikutnya.

"Kami selesai memasang ban pada Kamis sore, dan kemudian kami harus melepasnya kembali semuanya," kata bos Pirelli Motorsport, Mario Isola kepada Autosport.

1 dari 2 Halaman

Menurut Isola, persoalan yang mereka hadapi adalah saat melepas ban dari velg. Ada tekanan pada ban dan kemudian ban itu tak bisa dipakai lagi.

"Jadi, kami tidak ingin mengambil risiko apapun," lajutnya.

Ban bekas dan tidak dipakai lagi lantas diangkut lagi ke Inggris melalui laut. Pirelli pun akan mendaur ulang ban tersebut sebagai bahan bakar di pabrik semen, di dekat Didcot.

2 dari 2 Halaman

"Kami membakar ban pada suhu tinggi dan kami menciptakan energi, tetapi bukan polusi. Kami sedang mencari banyak cara untuk mendaur ulang ban F1. Tapi sekarang inilah cara kami mendaur ulang," terangnya.

Sementara itu, ban-ban lainnya juga sudah dikirim ke Bahrain dan Vietnam melalui laut. Ribuan ban itu sudah tiba dan disebut disimpan ditempat aman, untuk dipakai lagi nanti setelah jadwal ulang selesai dilakukan.

BERI KOMENTAR