HOME » BERITA » FAKTA DI BALIK PENAMAAN 'KUNCI INGGRIS'?

Fakta di Balik Penamaan 'Kunci Inggris'?

Selasa, 25 April 2017 13:45

Fakta di Balik Penamaan 'Kunci Inggris'?
Foto: Kaskus
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam dunia otomotif khusunya roda dua, tidak lepas dengan sejumlah alat-alat perbengkelan. Salah satu tools tersebut ternyata memiliki nama unik, seperti alat yang satu ini yakni 'Kunci Inggris'.

Meski sudah sangat familier di masyarakat, adakah yang berfikir kenapa salah satu alat mekanik tersebut dinamakan 'Kunci Inggris'? apakah benar alat tersebut buatan negara Inggris?

Ternyata penamaan tersebut tidak hanya untuk di Indonesia saja. Dalam bahasa Inggris kunci inggris dikenal dengan nama adjustable spanner atau adjustable wrench. Pengubahan nama dari adjustable spanner menjadi english key (kunci inggris) pertama kali digunakan di negara-negara Eropa seperti Jerman, Portugal, Perancis, Italia, Belanda dan Spanyol.

Alasan penamaan tersebut diperkirakan diambil dari negara sang penemu karena pada tahun 1842 perkakas ini pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur dari Inggris yang bernama Richard Clyburn. Setelah negara-negara tersebut akrab dengan penyebutan english key, kemudian berbagai negara di dunia mengikuti penamaan tersebut.

Meski 'Kunci Inggris' yang beredar di dunia sudah mengalami modifikasi oleh Johan Petter Johannsson dari Swedia, namun masyarakat dunia nampaknya sudah terlanjur menggunakan nama tersebut. Sehingga berbagai bentuk pengembangan alat tersebut tetap disebut dengan 'Kunci Inggris'.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-25
detail

BERITA POPULER