HOME » BERITA » FAKTA MOBIL BALAP YANG PERLU OTOLOVERS KETAHUI DI TAHUN 2018

Fakta Mobil Balap yang Perlu Otolovers Ketahui Di Tahun 2018

Senin, 14 Mei 2018 13:15

Fakta Mobil Balap yang Perlu Otolovers Ketahui Di Tahun 2018
Foto: Mercedes-benz.com
Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Salah satu olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat dunia adalah mobil balap. Faktanya untuk saat ini olahraga yang memiliki resiko besar ini telah digandrungi banyak kalangan baik muda, tua, pria, wanita bahkan anak-anak.

Ya, karena pada dasarnya mobil balap memiliki daya tarik tersendiri, entah itu mobilnya atau serba-serbi yag mengikutinya. dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mobil balap menjadi sebuah industri otomotif tersendiri di era ini.

Contoh saja Formula 1 yang memiliki dana sangat besar dalam penyelenggaraannya. Tentu otolovers masih ingat tentang Rio Harianto yang akan ikut Formula 1, tetapi terkendala dana. Karena kekurangan dana tersebutlah pembalam mobil balap Formula 1 kebangsaan Indonesia ini harus mengakhiri karirnya di mobil balap Formula 1 lebih awal.

Lalu, bagaimana otolovers? apakah otolovers juga suka dengan mobil balap? Jika iya, otolovers lebih suka mobil balap resmi atau mobil balap liar. Atau mungkin mobil balap remot, atau mungkin juga mobil balap game.

Pada kesempatan ini akan dibahas 6 fakta menarik dari mobil balap, mulai dari mobil balap liar hingga mobil balap game.  

Mobil Balap Liar

Ajang mobil balap liar memang telah ada di berbagai negara di dunia. Bahkan ajang ini telah banyak di filmkan. Oleh karena itu, mobil balap liar merupakan kejuarann yang memiliki gengsi tersendiri di dunia ilegal.

Dengan adanya mobil balap liar tentu membuat para polisi harus bekerja ekstra keras. Biasanya kejuaraan mobil balap liar diadakan pada malam hari. Tentunya pada waktu itulah ada tempat-tempat tertentu yang akan dijadikan mobil balap liar. Serta akan ada deru mobil balap liar yang akan terdengar nyaring.

Fakta lainnya mobil balap liar tentu memiliki resiko tersendiri. Resiko tersebut tentu adalah nyawa pembalap mobil balap liar. Memang sudah tidak bisa dibantah lagi, bahwa mobil balap liar telah merenggut banyak nyawa. Mungkin bisa dilihat contohnya dari film Fast & Furious garapan dari Hollywood.

Pada film itu tentu diceritakan bagaimana mobil balap liar diadakan dan apa resiko yang dapat dialami oleh para pembalap balap liar. Walaupun resiko yang tinggi, nyatanya taruhan yang diberikan juga tinggi pula. Menurut otolovers, apakah sebanding?  

Mobil Balap Mewah

Baik mobil balap liar maupun mobil balap resmi pada dasarnya tetap membutuhkan mobil balap yang mempunyai mesin bandel. Entah itu darin rancangan sendiri dari tim mobil balap atau meng-custom mobil yang sudah ada menjadi mobil balap dengan mesin tangguh.

Mobil yang biasa digunakan oleh para tim mobil balap tentu adalah mobil balap mewah dari kelauran pabrikan ternama. Karena mobil balap mewah ini sudah memiliki mesin yang bandel dan para tim mobil balap hanya sedikit memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini ada beberapa mobil balap mewah yang pelu diketahui oleh otolovers.

1. Chevrolet Camaro ZL1

Spesifikasi dari mobil balap mewah Chevrolet Camaro ZL1 ini adalah mesin yang menggunakan Supercharger 6.2 liter V8. Dengan mesin tersebut mobil balap mewah ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 650 Horsepower dengan torsi 650 lbs-ft. Dari mesin tersebut mobil balap mewah satu ini bisa berlari 0-60 mph dalam waktu 3.5 detik.

2. BMW M8 GTE

BMW M8 GTE menjadi mobil balap mewah yang ditopang dengan mesin V8 Twinturbo dengan transmisi ricardo 6-speed sequential semi-automatic dengan paddle shift. Jika otolovers memiliki mobil balap mewah ini, otolovers dapat menikmati mesin yang dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 500 horsepower pada 7.000 rpm.

3. Honda NSX GT3

Mesin dengan kubikasi 3.500cc, mobil balap mewah Honda NSX GT3 ditopang dnegan mesin dengan konfigurasi V6 yang dilengkapi Twinturbo. Yang menarik dari mobil balap mewah ini adalah  telah dilengkapi dengan transmisi khusus mobil balap mewah dengan gerabox 6 percepatan sekuensial.

4. Ferrari FXX-K Evo

Mobil balap mewah selanjutnya adalah mobil balap mewah Ferrari FXX-K Evo. Mobil balap mewah ini merupakan mobil balap mewah Hybrid dengan ditopang dengan mesin 6.262cc berkonfigurasi V12 yang dilengkapi dengan motor electric bertenaga 187 Hp. Dari mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 847 Horsepower dan torsi 900 Nm.

5. Audi R8 LMS GT3

Pabrikan Audi juga telah menghadirkan mobil balap mewah yang diberi nama Audi R8 LMS GT3. Spesifikasinya sendiri ditopang dengan mesin 5.2 liter V10. Mesin mobil balap mewah ini dapat menghasilkan tenaga 577 horsepower dengan torsi 406 Nm.  

Mobil Balap Keren

Otolovers masih belum puas dengan mobil balap mewah yang telah disebutkan. Berikut ini  adalah beberapa mobil balap keren yang perlu diketahui oleh otolovers. Dan tentunya tidak kalah keren dibandingkan dengan mobil balap mewah.

6. Mercedes AMG  GT4

Mobil balap keren Mercedes AMG GT4 ditopang dnegan mesin berkubikasi 3.982cc dengan tipe mesin AMG 4.0 liter V8 biturbo engine. Sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimum 510 horsepower dengan torsi 600 Nm. Selain itu, mobil balap keren ini dilengkapi dengan gearbox sequential 6-speed.

7. Lamborghini Huracan Super Trofeo Evo

Pabrikan ternama Lamborghini juga telah mengeluarkan mobil balap keren yang diberi nama Lamborghini Huracan Super Trofeo Evo. Mobil balap keren ini dikalim merupakan mobil balap tercepat di dunia. Lalu bagaimana dengan dapur pacunya?

Mobil balap keren Lamborghini Huracan Super Trofeo Evo ditopang dnegan mesin V10 berkubikasi 5.204cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 620 horsepower dengan torsi 570 Nm.

Mobil Balap Kecil

Mobil balap keren yang telah dijelaskan merupakan mobil balap yang memiliki tenaga yang tangguh. Tentunya mobil-mobil ini diciptakan untuk menambah keseruan ajang mobil balap. Mobil balap keren tentu menjadi sebuah industri otomotif yang menjanjikan.

Tidak hanya pada ajang balapan, tentunya juga pada mobil balap kecil. Maksudnya adalah mobil balap remot. Bermain mobil balap kecil ini tentu dikendalikan dengan sinyal radio. Mainan mobil balap kecil nyatanya juga terblang mahal, karena urusannya dengan rakit merakit mobil balap kecil. Dilansir dari Liputan6.com, Untuk merakit sebuah mobil beserta perangkat kontrol dan remote-nya dibutuhkan biaya Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

Namun untuk membangun tim yang terdiri dari mekanik dan joki (orang yang mengemudikan radio kontrol) dibutuhkan dana puluhan juta lagi. Para mekanik ini berperan membantu sang racer saat mengendalikan mobil balap di sirkuit. Sementara untuk masuk menjadi anggota Asosiasi Radio Mobil Indonesia. Iuran tahunan anggota very important person atau pro mencapai Rp 3,5 juta dan untuk pemula Rp 1,5 juta per tahun.

Penggemar pemula biasanya bermain untuk kesenangan dan bisa bertanding apabila sudah menguasai kontrol. Namun tidak hanya uang yang dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan. Beberapa pakar MRK menyebutkan, harus ada keseimbangan antara kekuatan mesin, kemampuan pembalap, dan penanganannya. Pengetahuan otomotif pun wajib dimiliki bila ingin memodifikasi mobil agar melaju secepat Ferarri atau McLaren di F-1

Mobil Balap Remot

Bagaimana otolovers, apakah berniat untuk memiliki mobil balap remot? Dengan mobil balap remot, tentu otolovers dapat merasakan sensasi balap meskipun tidak begitu nyata. Dengan mobil balap remot ini pula otolovers dapat menjadi pembalap. Tentunya sebagai pembalap mobil balap remot.

Jika otolovers sudah mahir dalam urusan rakit merakit mobil balap remot, tentu otolovers akan semakin menyerupai pembalap atau tim balap. Pasalnya urusan rakit merakit mobil balap remot termasuk hal yang sulit, karena berurusan dengan tenaga yang dapat dihasilkan mobil balap remot.

Jika mobil balap remot telah memiliki tenaga yang besar dan mobil balap remot otolovers telah memiliki desain yang menyerupai mobil balap mewah. tentu mobil balap otolovers bisa disejajarkan dengan mobil balap keren. Tentunya dalam versi mobil balap kecil ya otolovers.

Mobil Balap Game

Ajang mobil balap memang telah menjadi industri yang menjanjikan. Tidak hanya pada industri otomotif dan mobil balap remot, tetapi juga menjanjikan pada dunia mobil balap game.

Sudah banyak mobil balap game yang tersedia yang dikeluarkan oleh pabrikan game. Contohnya adalah mobil balap liar0. Bagi otolovers tentu tak asing dnegan mobil balap game ini. Karena mobil balap game ini sudah ada dengan berbagai versi dan merupakan mobil balap game yang terkenal sampai saat ini.

Di era saat ini sendiri, perkembangan mobil balap game telah mengarah pada mobil balap game yang lebih kreatif. hal ini dikarenakan tampilan grafis yang seamkin nyata. Sehingga akan memberikan pengalaman mobil balap game yang serupa dengan mobil balap pada umumnya.

Tidak hanya tampilan grafis, tetapi juga fitur lainnya. Dengan fitur tersebut, tentu mobil balap game tersedia secara berbayar dan gratis. Dan biasanya yang berbayar ini merupakan mobil game balap yang bagus. Lalu otolovers lebih suka mobil balap game apa, apakah mobil balap game Asphalt?

Video Mobil Balap Chevrolet

 

 (kpl/ahm)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER