HOME » BERITA » FANTASTIS, HARGA BUKU SEJARAH FERRARI SETARA 2 UNIT TOYOTA NEW AVANZA 2019

Fantastis, Harga Buku Sejarah Ferrari Setara 2 Unit Toyota New Avanza 2019

Ferrari pernah merilis buku sejarah mereka dengan harga yang fantastis, Rp420 jutaan, setara 2 unit Toyota New Avanza 2019.

Senin, 04 Februari 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Buku sejarah Ferrari (classicdriver.com)

OTOSIA.COM - Ferrari selama ini telah dikenal sebagai pabrikan mobil yang melegenda. Produk-produk mereka pun selalu menjadi perhatian lantaran desainnya yang kerap dianggap karya seni, mesin super kencang, dan tentu harga selangit.

Ternyata, pabrikan yang bermarkan di Maranelo, Italia itu pernah merilis buku sejarah mereka yang berisi berbagai foto dan arsip. Menariknya, gambar-gambar tersebut jarang dipublikasi atau bahkan bisa disebut 'top secret' di masanya.

Jumlah yang beredar pun terbatas, hanya 1.947 cetakan saja, sesuai dengan tahun berdirinya Ferrari, 1947. Menariknya, buku-buku tersebut memiliki hard-case dengan desain mesin 12-silinder khas Ferrari.

250 cetakan di antaranya menggunakan hard-case berbahan besi yang dibuat mirip dengan mesin pabrikan berlogo kuda jingkrak itu. Sedangkan sisanya menggunakan bahan aluminium.

Mengutip dari Myjoyonline.com, 250 cetakan tersebut juga ditandatangani oleh para petinggi Ferrari, mantan CEO Ferrari Sergio Marchionne, Chairman Ferrari John Elkann, dan Piero Ferrari, satu-satunya anak Enzo Ferrari yang masih hidup.

Tak heran jika harganya bisa mencapai USD30.000, sekitar Rp420 jutaan. Budget tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk membeli 2 unit baru Toyota New Avanza 2019.

Sementara itu, 1.697 buku sisanya hanya ditandatangani oleh Piero Ferrari. Harganya tentu lebih rendah, meski tetap terbilang mahal, USD6.000, sekitar Rp84 jutaan (Kurs USD1 = Rp14.025).

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR