HOME » BERITA » FARAH QUINN BERI SOLUSI MENU BUKA PUASA ENAK DAN PRAKTIS DI KAPANLAGI BUKA BARENG

Farah Quinn Beri Solusi Menu Buka Puasa Enak dan Praktis di Kapanlagi Buka Bareng

Menu yang disajikan oleh Farah Quinn kali ini adalah Pempek. Namun uniknya, kali ini makanan khas Palembang itu dibuat tanpa ikan lho alias lebih praktis dan murah

Minggu, 03 Mei 2020 10:45 Editor : Ahmad Muzaki
Farah Quinn Beri Solusi Menu Buka Puasa Enak dan Praktis di Kapanlagi Buka Bareng
Chef Farah Quinn bikin Pempek Dos (credit: Vidio.com)

OTOSIA.COM - Di Kapanlagi Buka Bareng edisi kedua Sabtu (2/5), tidak hanya dengarkan lantunan lagu dari Kunto Aji dan Aaliyah Massaid, Otolovers juga disuguhkan resep buka puasa dari Chef Farah Quinn.

Menu yang disajikan oleh Farah Quinn kali ini adalah Pempek. Namun uniknya, kali ini makanan khas Palembang itu dibuat tanpa ikan lho alias lebih praktis dan murah.

"Sebetulnya saya sendiri nggak pernah tinggal di Palembang cuma orangtua saya asli sana. To be honest, yang pintar bikin pempek itu my mom. Kalau saya pempek palsu aja," ujar Chef Farah Quinn.

1 dari 3 Halaman

1. Agak Tricky

Meski dibuat tanpa ikan, menurut Farah Quinn, menu Pempek tanpa ikan ini memang sedikit tricky. Meski begitu, bahan-bahannya terbilang sangat mudah ditemukan di minimarket. Tanpa basa basi lagi, wanita berusia 40 tahun itu langsung menjelaskan cara membuatnya.

"Di mangkuk besar, campur 250 gram tepung terigu tambahkan tepung beras 5 sdm. Tepung beras bikin teksturnya lembut dan nggak keras. Terus kasih garam 1 sdm," ungkap Chef Farah Quinn menjelaskan.

"Selanjutnya, siapkan air mendidih 800 cc, kita siram ke adonan tepung. Kenapa air mendidih? Biar teksturnya berubah kayak lem gitu," lanjutnya.

2 dari 3 Halaman

2. Proses Menguleni yang Cukup Melelahkan

Karena sebagian besar adonannya terbuat dari tepung maka Pempek Tanpa Ikan atau yang biasa disebut Pempek Dos ini butuh waktu cukup lama buat menguleninya. Chef Farah pun membagikan tips yakni dengan memasukkan tepung sedikit demi sedikit di dalam adonannya.

"Tambahkan 1 sdm minyak sayur sama kita kasih 1 butir telur. Terus kita uleni sambil kita siapkan tepung sagu tani setengah kilo dan rebus air sekalian siapkan minyak goreng," papar chef kondang itu.

"Masukin tepung sagunya dikit-dikit, jangan langsung semua. Aduk dan uleni terus," jelas Farah Quinn.

3 dari 3 Halaman

3. Sudah Jadi!

Setelah proses menguleni selesai, Chef Farah mulai membagi adonan tersebut dan membentuknya. Kali ini Pempek yang dibuat adalah jenis lenjer atau memanjang.

"Bikin bentuknya seperti pempek, memanjang. Langsung di rebus di air yang mendidih yang udah dikasih sedikit minyak biar tidak lengket. Kalau adonan udah mengapung berarti sudah matang dan bisa diangkat," pungkasnya.

Nah, kalau kalian malas membuat cuko atau kuah pempek, Farah Quinn juga punya tips lain nih. Yakni dengan mencampur cabai hijau rebus yang sudah diblender dengan ebi sangrai serta kecap manis. Pempek Dos pun siap dinikmati dan rasanya nggak kalah enak dengan yang asli! Ayo dicoba di rumah ya Otolovers!

BERI KOMENTAR