HOME » BERITA » FEDERAL BIKIN PELUMAS EURO 4, BEGINI KEUNTUNGANNYA

Federal Bikin Pelumas Euro 4, Begini Keuntungannya

PT Federal Karyatama sebagai produsen Federal Oil memperkenalkan pelumasnya yang kini berstandar Euro 4. Kemunculan produk ini untuk menyikapi industri otomotif di Indonesia yang direncanakan mengarah ke standar baru tersebut.

Jum'at, 11 Mei 2018 07:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazar Ray

OTOSIA.COM - PT Federal Karyatama sebagai produsen Federal Oil memperkenalkan pelumasnya yang kini berstandar Euro 4.

Kemunculan produk ini untuk menyikapi industri otomotif di Indonesia yang direncanakan mengarah ke standar baru tersebut.

Namun, sekalipun pelumas itu berstandar Euro 4, perannya akan terasa dengan syarat sejumlah penyesuaian, menurut Ari Sutanto, Plant & Operation Director MPM Lubricants.

"Euro 4 kan enggak bisa stand alone, harus dengan bahan bakarnya. Gas buangnya lebih ramah lingkungan. Di dalam kandungannya ada (yang membuatnya sekelas Euro 4), tetapi itu tidak akan berfungsi kalau mesin dan bahan bakarnya tidak sesuai. Mesinnya harus sudah Euro IV," kata dia.

Lalu apa untungnya Euro 4 jika digunakan dengan memenuhi syarat-syarat di atas? Menurut Ari, sejumlah aspek terkait dengan perbaikan dari sejumlah problem pelumasan selama ini.

"Di dalam komponen oli ada kandungan supaya tidak oksidasi, tidak cepat menguap. Khusus yang Euro 4 lebih pada kebersihan mesin, mempengaruhi efesiensi bahan bakar sehingga mengurangi racun dari gas buang," kata dia.

Pengembangan pada pelumas yang ditujukan pada keuntungan-keuntungan di atas sebenarnya sudah lama dilakukan oleh Federal.

"Sebenarnya dari dulu kami sudah mengarah ke sana, cuma kan dari sisi engine dan bahan bakar belum mendukung. Kalau sekarang, kami stempel, kami sudah Euro 4. Ke depannya akan kami cantumkan, ini 'Euro 4 ready'."

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR