HOME » BERITA » FENOMENA MODIFIKASI VESPA GEMBEL, DARI INDONESIA KE INTERNASIONAL

Fenomena Modifikasi Vespa Gembel, dari Indonesia ke Internasional

Fenomena Vespa Gembel di Indonesia telah naik ke taraf internasional setelah dimuat National Geographic.

Rabu, 10 Juli 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Fenomena Modifikasi Vespa Gembel, dari Indonesia ke Internasional
Modifikasi Vespa gembel (Rideapart.com)

OTOSIA.COM - Belum lama ini salah satu media kondang di dunia, National Geographic mengangkat tema yang menarik, yakni modifikasi Vespa unik atau kerap disebut sebagai Vespa Gembel atau Vespa Rosok.

Mengutip dari Rideapart.com, mereka tertarik pada hal ini lantaran sangat berbeda dengan pandangan negara lain terhadap Vespa yang identik dengan bersih, rapi, berwarna, dan modern.

Ya, Vespa Gembel adalah modifikasi Vespa 2-tak yang dibuat dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan pemiliknya dan negara lain menyebut hal ini sebagai sesuatu yang tak biasa, cenderung aneh.

Memang, modifikasi Vespa di Indonesia cukup ekstrim, bisa-bisa hanya menyisakan mesinnya saja. Bahkan, ada yang justru menggunakan beberapa mesin pada 1 unit Vespa.

1 dari 1 Halaman

Kreatif dan Solid

Fenomena Modifikasi Vespa Gembel, dari Indonesia ke InternasionalKreatif dan Solid

Sebenarnya, modifikasi tersebut tergolong ilegal. Pasalnya, ada perubahan dimensi dari bentuk Vespa aslinya. Selain itu, sebagian besar di antaranya tidak memiliki dokumen lengkap.

Karena itu, para pengendara Vespa Gembel ini kerap melakukan perjalanan di malam hari untuk menghindari aparat keamanan. Selain itu, mereka singgah di komunitas mereka yang ada di sepanjang perjalanan.

Hal ini tidaklah sepenuhnya buruk. Bahkan, National Geographic memandang modifikasi ini adalah hal yang luar biasa dan tak terpikirkan oleh negara lain.

Selain itu, Indonesia memiliki penggemar Vespa terbanyak kedua di dunia setelah Italia. Bahkan, hubungan persaudaraan di antara pengguna skuter ini sangat kuat.

BERI KOMENTAR