HOME » BERITA » FERRARI 488 PISTA, 'RAJA' SIRKUIT MAUPUN JALAN RAYA MENGASPAL DI INDONESIA

Ferrari 488 Pista, 'Raja' Sirkuit maupun Jalan Raya Mengaspal di Indonesia

Ferrari Jakarta menghadirkan unit pertama 488 Pista di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) bersamaan dengan buka puasa bersama media.

Minggu, 12 Mei 2019 12:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ferrari 488 Pista (Oto.com)

OTOSIA.COM - Unit Pertama Ferrari 488 Pista Mengaspal di Indonesia

Ferrari Jakarta menghadirkan unit pertama 488 Pista di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) bersamaan dengan buka puasa bersama media.

Supercar dengan spesifikasi tak biasa hadir pertama di Indonesia. Mobil tersebut adalah Ferrari 488 Pista yang dikenalkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

"Ferrari 488 Pista, sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien Ferrari di seluruh dunia, tak kecuali di Indonesia," ujar Indraguna Sutowo, pemilik diler dan CEO Ferrari Jakarta, (9/5).

488 Pista, adalah Ferrari dengan mesin V8 paling bertenaga. Pemangkasan bobot dan peningkatan performa mesin menjadi sebuah keunggulan. Pun aspek aerodinamika, yang terinspirasi dari mobil balap Ferrari layaknya 488 GTE dan 488 Challenge. Walaupun buas, mobil ini diklaim bisa "merajai" sirkuit maupun jalan raya, bahkan dikendarai pengemudi yang bukan pembalap profesional.

Dibandingkan 488 GTB, Pista lebih ringan 90 kg. Gendongan mesin V8 twin turbo 3.902 cc mampu mencapai tenaga puncak sebesar 720 PS/8.000 rpm dan torsi 770 Nm/3.000 rpm. Tak aneh jika 0-100 km/jam bisa terselesaikan dalam 2,85 detik saja. Bahkan mencapai 200 km/jam, hanya butuh 7,6 detik. Kecepatan tertinggi pun mengerikan. Pista sanggup berlari hingga lebih dari 340 km/jam. Tapi kondisi ini bisa dicapai dengan catatan, bahan bakar yang digunakan beroktan 98 dan menggunakan opsional komponen ringan di sekujur tubuhnya.

Output tadi merupakan hasil dari racikan teknologi balap. Manifold knalpot Inconel dan flywheel ringan, con rods titanium, serta intake plenum berbahan serat karbon, merupakan adaptasi dari 488 Challenge. Begitu pula turbo dengan sensor rev dan air intake yang memastikan aliran udara bersih dari flank ke area spoiler belakang. Generator vortex di bawah bodi mobil, juga didesain ulang.

Diffuser belakang menggunakan bracket ganda mirip pada 488 GTE. Ini berdampak pada peningkatan ekstraksi udara yang tentu menghasilkan daya tekan angin lebih baik. Spoiler belakang yang lebih tinggi serta panjang, juga memiliki proporsi yang pas. Dengan semua aplikasi tadi, peningkatan downforce diklaim lebih baik 20%.

Hal itu disinergikan dengan sistem kontrol elektronik yang disebut Side-Slip Angle Control (SSC) versi 6.0. Isinya menggabungkan E-Diff3, F1-Track, suspensi magnetorheological (SCM) dan yang terbaru Ferrari Dynamic Enhancer (FDE). Yang terakhir adalah kontrol dari software untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.

Rangkaian fitur pengendalian ini, mengoptimalkan kinerja 488 Pista untuk bermanuver di tikungan. Mengontrolnya pun tak sulit, sistemnya intuitif sehingga arah mobil mudah ditebak. Selain itu, ban yang digunakan juga khusus pengembangan dari Michelin guna mendapat traksi maksimal.

"Mengenai harga kami tidak umumkan, semuanya by order. Konsumen kami biasa melakukan personalisasi sehingga memiliki harga yang berbeda-beda." tutup Indraguna. Karena mobil eksklusif pastinya banderol harga mencapai miliaran rupiah.

Sumber: Oto.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR