HOME » BERITA » FILTER PADA MASKER BIKER BUKAN SEKADAR PELAPIS, INI FUNGSINYA

Filter Pada Masker Biker Bukan Sekadar Pelapis, Ini Fungsinya

Jangan asal pilih masker, karena tidak semua penutup sebagian wajah itu mampu menyaring partikel kotoran dan debu halus. Salah satu masker biker yang dapat menangkal partil kecil dari kotoran adalah Ferrox PM 2.5

Selasa, 24 Desember 2019 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Filter Pada Masker Biker Bukan Sekadar Pelapis, Ini Fungsinya
Ferrox PM 2.5 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Beni divonis dokter terkena radang tenggorokan. Lantaran dibiarkan terlalu lama, terjadi infeksi dan pembengkakan di tenggorokan yang membuatnya sulit menelan.

Dokter yang memeriksanya menyatakan salah satu penyebabnya adalah bakteri yang terhisap saluran pernafasan.

Usut punya usut, sehari-hari Beni mengandalkan sepeda motor tanpa memakai masker untuk melengkapi helm half face yang ia gunakan. Akibatnya saluran pernafasannya sering terpapar polusi udara, mulai dari asap kendaraan, debu, hingga bakteri yang terbawa udara.

Nah di sinilah pentingnya pemakaian masker saat mengendarai sepeda motor, terutama mereka yang hanya menggunakan helm half face.

Tapi jangan asal pilih masker. Karena tidak semua penutup sebagian wajah itu mampu menyaring partikel kotoran dan debu halus.

1 dari 3 Halaman

Pilihan Masker Biker

Filter Pada Masker Biker Bukan Sekadar Pelapis, Ini FungsinyaPilihan Masker Biker

Salah satu masker biker yang dapat menangkal partil kecil dari kotoran adalah Ferrox PM 2.5. Masker asal Taiwan ini diklaim sanggup menyaring beragam polusi udara dan radikal bebas hingga particulate matter 2.5

Yang menarik masker ini menggunakan Zorflex Carbon Filter Composite, sebuah material yang sama digunakan untuk produk filter AC mobil.

?Jakarta dan beberapa kota besar lain punya tingkat pencemaran udara yang sangat tinggi. Beberapa pembangunan di jalan juga menimbulkan partikel udara kotor. Masker ini punya filter di dalamnya yang sanggup menyaring partikel kotoran halus. Bahannya menggunakan busa elastis sehingga tdak menimbulkan tanda di wajah dan kuat,? ujar Teng Hery , Sales Manager PT Prima Semesta Asia selaku pamasar masker Ferrox PM 2.5.

Menurut Teng Hery, di dalam masker terdapat lapisan filter dengan ciri berwarna putih memiliki yang berguna menyaring polusi udara dan radikal untuk pemakaian dalam jangka waktu selama enam bulan untuk beragam aktivitas. Lapisan bagian dalam sebagai filter memiliki kandungan karbon aktif yang berasal dari Zorflex Carbon Fiber Composite berteknologi Electrostatic Spraying

Filter tersebut berfungsi menyaring beragam polusi udara dan radikal bebas seperti bau tidak sedap mulai dari asap knalpot kendaraan, bau sampah organik hingga bau asap rokok, racun, bakteri, virus, serbuk sari, mikroorganisme hingga debu sampai dengan partikulat halus yang melayang di udara atau biasa disebut Partikulat Matter 2.5 yang memiliki ukuran setara dengan 30 lebih kecil dari ukuran rambut manusia.

2 dari 3 Halaman

Perawatan Masker

Filter Pada Masker Biker Bukan Sekadar Pelapis, Ini FungsinyaPerawatan Masker

Desain masker biker PM 2.5 merupakan masker tipe Duckbill menggunakan sistem dua model lapisan filter, material filter luar menggunakan busa lembut model ear loop sehingga memberikan kenyamanan saat dipakai dan sebagai tempat memasang filter inti Ferrox PM 2.5.

?Pemakaiannya bisa enam bulan. Tidak boleh dicuci, cuma dicelupkan ke air terutama bagian depan, karena yang kotor nya di depan, atau bisa dilap, misal kena liptsik di bagian dalam. Asal jangan dicuci dan dikucek karena strukturnya bisa berubah,? papar Teng Hery.

3 dari 3 Halaman

Harga Masker

Filter Pada Masker Biker Bukan Sekadar Pelapis, Ini FungsinyaHarga Masker

Keunggulan lain dari desain filter inti Ferrox Pm 2.5 adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai masker model Duckbill sesuai kebutuhan penggunanya seperti dipasangkan dengan masker model head loop (masker hijab) atau sebagai pengganti lapisan filter masker model respirator.

Masker biker Ferrox PM 2.5 dijual dengan harga Rp 75.000. Satu kemasan berisi satu buah filter busa model ear loop dan dua buah filter inti Ferrox PM 2.5. Produk inimulai dipasarkan bulan Januari 2020.

BERI KOMENTAR