HOME » BERITA » FILTER UDARA AFTERMARKET BISA TAMBAH PERFORMA MOBIL, SEBERAPA BERTENAGA?

Filter Udara Aftermarket Bisa Tambah Performa Mobil, Seberapa Bertenaga?

Senin, 19 November 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi mengganti filter udara (Autodeets.com)

OTOSIA.COM - Meningkatkan performa mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengganti filter udara jenis racing.

Lalu, apakah cara tersebut benar-benar meningkatkan performa?

Dilansir Carscoops, Engineering Explained melakukan percobaan dengan 4 jenis filter udara, yaitu OEM dalam keadaan kotor, OEM bersih, aftermarket murah, dan filter udara K&N. Filter udara tersebut dipasangkan ke Subaru Crosstrek, lalu tenaga yang dihasilkan dihitung menggunakan dynamometer.

Filter OEM kotor mencatatkan tenaga 158,25 Tk, filter OEM bersih menghasilkan tenaga 160,1 Tk. Yang cukup mengejutkan adalah filter udara aftermarket murah mencatatkan angka 163,32 Tk. Sedangkan filter udara K&N menghasilkan tenaga 164,42 Tk.

Saat pengujian di jalanan, filter aftermarket murahan meningkatkan kecepatan akselerasi sebesar 1,2 persen. Sedangkan filter K&N meningkatkan kecepatan akselerasi sebesar 2,74 persen.

Pengujian ini menjawab apakah mengganti filter udara aftermarket bisa meningkatkan performa dari mobil. Tapi apakah tenaga tersebut sebanding dengan biaya yang dikeluarkan? Tergantung keputusan kalian ya Otolovers.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR