HOME » BERITA » FINAL KREATIF LOKAL AWARD 2020 SUKSES DIGELAR, INTIP YUK KEMERIAHAN ACARANYA!

Final Kreatif Lokal Award 2020 Sukses Digelar, Intip Yuk Kemeriahan Acaranya!

Ingin tahu bagaimana kemeriahan acara secara keseluruhan?

Jum'at, 30 Oktober 2020 00:01 Editor : Sidiq
(c) Festival Kreatif Lokal 2020

OTOSIA.COM - Setelah lebih dari dua bulan digelar rangkaian acara Kreatif Lokal Award 2020 yang diselenggarakan untuk memberikan apresiasi pada pelaku UKM di tanah air. Perhelatan puncaknya berhasil digelar selama dua hari tepat pada 18 dan 25 Oktober 2020. Rangkaian acaranya berjalan begitu mengesankan dan meriah mulai pukul 16.30 sampai 20.30 WIB. Ingin tahu bagaimana kemeriahan acara secara keseluruhan?

Sesi Tanya Jawab Inspiratif dari Finalis dan Dewan Juri

Total ada 18 finalis dari 6 kategori, yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video dan Pertunjukan. Mereka memperoleh kesempatan sesi tanya-jawab spesial bersama deretan dewan juri terkemuka seperti Daniel Tumiwa (Ketua Dewan Juri Kreatif Lokal Award 2020), Hafid Hadeli (Direktur Utama Adira Finance) Yuana Rochma Astuti (Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI), Swandajani Gunadi (Direktur SDM dan Marketing Adira Finance), Rachmat Kaimuddin (Direktur Utama Bukalapak), dan Steve Christian (Direktur Utama Kapanlagi Youniverse).

Selain deretan dewan juri expert di atas, ada juga beberapa ikon kreatif yang turut hadir untuk memberikan pandangan dan berbagi pengalaman mereka, seperti Sisca Soewitomo (Kuliner), Fajar Nugros (Video), Joko Avianto (Kriya), Nonita Respati (Fashion), Indra Yudhistira (Pertunjukan), dan Darwis Triadi (Fotografi).

Pada final hari pertama 18 Oktober 2020 ada sembilan finalis dari tiga kategori yang tampil, ada Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint dari Fashion; Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography dari kategori Fotografi; serta Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio dari kategori Pertunjukan.

Sedangkan pada final hari kedua di 25 Oktober 2020, ada Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan WayoStrawberry dari kategori Kuliner; Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio untuk kategori Video; serta Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon dari kategori Kriya.

Sebuah momen menarik terjadi pada sesi pertama final Kreatif Lokal Award 2020, ikon kreatif dari kategori fotografi yakni Darwis Triadi membagikan pengalamannya pada salah satu peserta bernama Cecep Cahyana.

"Saya akan bercerita, ini bukan teori tapi pengalaman saya, mungkin bisa diterapkan buat Cecep. Pertama adalah teknologi itu sangat membantu pekerjaan seorang fotografer. Dalam 40 tahun saya motret, 25 tahun saya menggunakan analog. Tapi saat sudah digital, saya juga harus ikut digital. Ini bisa menjadi sebuah input bahwa jangan lupa bahwa fotografi adalah cahaya. Jadi kita harus memahami betul-betul mengenai cahaya. Jadi kita harus terus melakukan eksplorasi dengan catatan bahwa titik tolak dalam fotografi," Terang Darwis Triadi.

Momen unik lain yang terjadi di final terjadi ketika ikon kreatif kategori kuliner Sisca Soewitomo yang mengajukan pertanyaan pada Dewi Fatimah dari Dewi Home Crab. Koki senior itu sempat memberikan pujian pada Dewi tentang UKM yang sedang dijalankan.

"Hebat ya Alhamdulillah. Oh ya Mbak, di sana apa ada tempat khusus untuk penyimpanan? Dan juga kebanyakan pembelinya itu siapa?" Tanya Sisca dengan rasa kagum sekaligus penasaran.

"Karena setiap harinya ada proses dan selalu ada reseller yang ambil. Jadi tiap harinya selalu habis. Dan alhamdullillah pandemi enggak berpengaruh pada kami. Dan untuk pembelinya kebanyakan adalah reseller, orang-orang, dan warung terdekat," jawab Dewi dengan bangga.

Penampilan Menawan Maliq & D'Essentials dan Tiara Andini

instagram.com / tiaraandini

Final Kreatif Lokal Award 2020 juga dimeriahkan penampilan Tiara Andini dan Maliq & D'Essentials. Penyanyi cantik asal Jember, Jawa Timur, berhasil menghadirkan penampilan memukau pada 18 Oktober 2020 dengan membawakan lagu-lagu romantis maksimal. Di antaranya 365, Gemintang Hatiku, dan juga Maafkan Aku #TerlanjurMencinta.

Sedangkan pada hari kedua yang digelar 25 Oktober 2020, grup musik tenar yang telah eksis sejak 2002, Maliq & D'Essentials, juga berhasil membuat suasana kian meriah. Ada deretan lagu-lagu tenar yang dibawakan seperti Senja Teduh Pelita, Kangen, Untitled, Memori, dan Bersama.

Sesi Bagi-bagi Hadiah di Live Vote dan Live Quiz

Suasana babak final penjurian ini semakin semarak karena ada juga sesi Live Vote dan Live Quiz yang diadakan untuk para penonton. Pada masing-masing acara ada 50 pemenang untuk sesi Live Vote serta 50 pemenang untuk sesi Live Quiz. Jadi, total ada 100 penonton yang menjadi pemenang beruntung saat event final Kreatif Lokal Award 2020.

Selanjutnya untuk pengumuman para pemenang akan digelar pada 13 November 2020 bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance. Pada momen ini akan diketahui finalis yang akan keluar sebagai pemenang dan berhak mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah, serta beragam benefit menarik seperti business coaching dan pendampingan dari Kemenparekraf RI, kemudian eksposure di media dan juga lapak eksklusif di Bukalapak.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 yang menjadi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat. Festival ini diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Untuk mendukung langsung para UKM, jangan lupa buat mengunjungi dan berbelanja produk dari peserta Kreatif Lokal Award 2020 secara eksklusif hanya di Bukalapak.

(kly/zki)

BERI KOMENTAR