HOME » BERITA » FITUR BARU GOOGLE MAPS BIKIN TARIF OJEK ONLINE LEBIH MURAH?

Fitur Baru Google Maps Bikin Tarif Ojek Online Lebih Murah?

Google Maps kemarin secara resmi meluncurkan fitur baru yaitu Rute Khusus Motor atau Motorcycle Mode di Indonesia. Fitur tersebut memungkinkan pengendara sepeda motor mendapatkan rute yang sesuai atau tak lagi menggunakan jalur kendaraan roda empat.

Rabu, 21 Maret 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Muhammad Hafid

OTOSIA.COM - Google Maps kemarin secara resmi meluncurkan fitur baru yaitu Rute Khusus Motor atau Motorcycle Mode di Indonesia. Fitur tersebut memungkinkan pengendara sepeda motor mendapatkan rute yang sesuai atau tak lagi menggunakan jalur kendaraan roda empat.

Inovasi ini tentunya akan sangat membantu pengguna. Menariknya, perubahan sistem ini tampaknya akan mempengaruhi usaha ojek online di Indonesia.

Kenapa begitu? Penjelasannya, dengan jalur yang menyesuaikan kebutuhan pengendara motor, kemungkinan jalur menjadi lebih pendek. Bahkan bisa lebih jauh. Sebelumnya layanan ojek online menggunakan rute jalur mobil untuk menentukan besaran tarif.

Adanya fitur baru ini, tentu membuat tarif lebih murah atau justru lebih mahal. Atau jarak tempuh yang lebih dekat, atau justru lebih jauh.

Hal itu pun dibenarkan Vishal Goenka selaku Lead of Goole Maps Enterprise saat peluncuran fitur baru Google Maps.

"Dengan perubahan ini kami membuat rute untuk motor tersedia. Hal ini tentunya akan mempengaruhi jarak atau waktu tempuh ojek online. Karena dalam menentukan tarif, layanan ojek online saya yakini menggunakan data kombinasi antara jarak dan waktu tempuh. Apabila rute yang diberikan sesuai dengan sepeda motor tersebut, tentunya tarifnya akan tepat," jelas Vishal di Jakarta, Selasa (20/03).

Menurut Vishal, perubahaan ini tak membuat gusar para penyedia layanan ojek online. Justru mereka menyambut inovasi ini dengan sangat baik. "Karena hal tersebut dapat membuat konsumen mereka merasa lebih senang dan puas," tutup Vishal.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR