HOME » BERITA » FITUR BEDA TIPIS, PILIH MG ZS TERBARU ATAU HONDA HR-V PRESTIGE?

Fitur Beda Tipis, Pilih MG ZS Terbaru atau Honda HR-V Prestige?

MG ZS facelift baru saja meluncur, fiturnya sepintas mirip dengan Honda HR-V Prestige. Mending yang mana?

Sabtu, 11 September 2021 16:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Fitur Beda Tipis, Pilih MG ZS Terbaru atau Honda HR-V Prestige?
Honda HR-V Prestige dan MG ZS Magnify (HPM, MG Motor Indonesia)

OTOSIA.COM - MG Motor Indonesia baru saja merilis MG ZS terbaru, Kamis (9/9/2021). Peluncuran tersebut merupakan upaya penyegaran ZS agar daya gedor SUV tesebut lebih kompetitif di segmennya.

Sebagai SUV, bodi MG ZS tergolong cukup kompak. Lawan terdekatnya adalah Honda HR-V. Crossover asal Jepang ini, pada peluncuran perdananya, menjadi salah satu mobil dengan fitur panoramic sunroof termurah.

Pada MG ZS tipe Magnify terbaru, juga telah dibekali panoramic sunroof. Namun apa saja kelebihan yang ditawarkan kedua SUV tersebut?

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Honda HR-V Prestige (HPM)

Mulai dari bagian luar. MG ZS terlihat lebih fresh berkat penyegaran terbaru. Hasilnya MG ZS ini memberikan nuansa yang mewah. Selain itu bodi mobil dipermanis dengan banyak tarikan garis dan lekukan dari bagian depan hingga belakang.

Tidak hanya sekedar tampang elegan, MG juga menyematkan berbagai fitur menarik seperti lampu depan dan belakang LED, pelek bermotif tomahawkroof rails, dan sistem keyless entry.

2 dari 6 Halaman

Sementara Honda HR-V Prestige terlihat lebih familiar, mengingat mobil ini menggunakan bahasa desain yang sama sejak pertama kali mengaspal. Meski di tahun 2018 mendapatkan facelift minor, tidak bisa dipungkiri bahwa bentuk bodinya terlihat berumur.

Upaya Honda untuk membuat tampilan HR-V Prestige tetap up to date mencakup desain lampu depan dan DRL LED baru, lampu kabut LED, garis krom tebal di grille depan, serta pelek lima palang two tone.

3 dari 6 Halaman

Interior

(Atas) Interior HR-V dan (Bawah) Interior MG ZS (HPM, MG Motor Indonesia)

Pada interior MG ZS terbaru semakin menawan setelah adanya pembaruan. Kabin mobil itu kini dipenuhi panel-panel soft touch mulai dari dasbor atas hingga ke konsol tengah. Fitur lain seperti armrest baru di depan, aksen-aksen silver, lingkar kemudi flat bottom dan lubang AC berbentuk turbin menjadi pelengkap paket mewah pada MG ZS terbaru ini.

Tampilan mewah tersebut dipermanis dengan beragam fitur menarik, diantaranya head unit yang men-support Android Auto dan Apple CarPlay, speedometer digital, AC digital otomatis dengan teknologi air purifier PM 2.5 filter, jok kulit kombinasi warna coklat dan hitam, serta kursi depan elektrik.

4 dari 6 Halaman

Di sisi lain, bagian dalam Honda HR-V tetap terlihat modern berkat panel-panel soft touch di dasbor dan pintu, jok kulit berwarna hitam, bentuk lubang AC unik di sisi penumpang depan dan konsol tengah high deck.

Untuk kelengkapan fitur, Honda HR-V dibekali head unit 8 inci floating, MID monokrom, lingkaran speedometer dengan warna pencahayaan bisa diubah, paddle shift, AC digital otomatis, tombol stop start, dan jok belakang 'ultraseat'.

5 dari 6 Halaman

Perangkat keselamatan

Fitur-fitur menarik pada MG ZS terbaru (MG Motor Indonesia)

Perangkat keselamatan MG ZS terbaru dan Honda HR-V sama-sama mumpuni. Keduanya dilengkapi 6 airbagsHill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), rem parkir elektrik, kamera mundur, dan Auto Brake Hold.

Khusus MG ZS, mobil itu dipasangkan kamera 360 dengan teknologi omni directional camera untuk memudahkan bermanuver, Hill Decent Control untuk membantu mobil menuruni tanjakan, dan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang digunakan untuk melihat tekanan ban.

6 dari 6 Halaman

Dapur pacu dan harga

Mesin Honda HR-V Prestige lebih bertenaga berkat ukuran mesin yang lebih besar. Dapur pacu 1.800cc naturally aspirated bawaannya menghasilkan tenaga sebesar 139 PS dengan torsi 169 Nm.

Sementara MG ZS mengusung jantung pacu 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 114 PS dan torsi 150 Nm.

Untuk harga, Honda HR-V Prestige saat ini dibanderol Rp 419,4 juta. Sedangkan MG ZS belum disebutkan harganya. Namun jika mengacu pada harga ZS sebelum facelift, yakni Rp 295,8 juta untuk varian Ignite, boleh jadi harganya mendekati angka tersebut.

BERI KOMENTAR