HOME » BERITA » FITUR JITU UNTUK PENGEREMAN MOBIL SECARA MENDADAK

Fitur Jitu untuk Pengereman Mobil secara Mendadak

Senin, 07 Januari 2019 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi lalu lintas (electrek.co)

OTOSIA.COM - Selain skill, mengemudikan mobil juga dibutuhkan insting yang kuat. Jadi bisa tahu kapan saatnya mengerem dan kapan menginjak pedal gas.

Adanya fitur penunjang juga bisa membantu saat bermanuver di jalan raya, meskipun pengemudi sudah memiliki jam terbang tinggi. Termasuk fitur yang baik untuk melakukan pengereman, terlebih mengerem secara mendadak.

Seperti yang sudah diketahui, fitur keselamatan pengereman ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distrbution), adalah fitur andalan untuk pengereman.

Menurut laman Wuling Indonesia, kedua fitur tersebut membantu pengemudi untuk bisa mengerem secara lebih jitu, apalagi seperti disebutkan di atas, saat dalam kondisi mendadak.

Pada dasarnya, keberadaan EBD adalah untuk menyempurnakan fungsi ABS. Kombinasi keduanya memungkinkan mobil terhindar dari kemungkinan tergelincir atau ngesot.

Paduan insting dan kelihaian menyetir pun juga masih dipengaruhi oleh kondisi jalan. Jika jalanan berpasir atau licin, maka kemungkinan tergelincir pun lebih besar terjadi. Jadi pengemudi harus lebih waspada.

Selain ABS dan EBD, satu lagi fitur yang berhubungan dengan kemampuan mengerem jitu. Adalah ESC atau Electronic Stability Control.

Fitur ini secara otomatis akan mengkalkulasi berapa penguncian traksi yang dibutuhkan pada roda depan dan belakang. Sehingga mobil tak tergelincir dan masih berada dalam posisi yang terkendali.

Faktor lain seperti berat beban mobil dan tekanan ban juga berpengaruh terhadap pengereman jitu ini. Maka selalu pastikan beban tidak melebihi kapasitas daya angkut mobil dan selalu cek kondisi tekanan angin pada ban.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR