HOME » BERITA » FITUR LAMPU HAZARD PADA SEPEDA MOTOR, PENTING ENGGAK SIH?

Fitur Lampu Hazard pada Sepeda Motor, Penting Enggak Sih?

Lampu hazard juga dimiliki sepeda motor keluaran terbaru. Tapi memang sepeda motor butuh lampu hazard?

Kamis, 27 Februari 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Fitur Lampu Hazard pada Sepeda Motor, Penting Enggak Sih?
Berkendara sepeda motor (Ilustrasi/Geico)

OTOSIA.COM - Belakang, sepeda motor premium yang baru saja diluncurkan dibekali dengan fitur lampu hazard. Iya, fitur itu sama dengan yang ada pada mobil.

Fitur tersebut memungkinkan kedua lampu sein menyala bersamaan. Tapi seberapa pentingkah lampu hazard untuk kendaraan roda dua?

Sejatinya, lampu hazard memiliki fungsi sebagai pemberi tahu bahwa kendaraan sedang dalam kondisi darurat. Contohnya, ban mobil harus diganti, mesin mogok, dan sejenisnya.

Pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 121 ayat 1 juga disebutkan soal fitur ini. "Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lai pada saat berhenti atau aprkir dalam keadaan darurat di jalan," begitu tertulis dalam aturan tersebut.

1 dari 1 Halaman

Sementara itu, menurut laman Suzuki Indonesia, lampu hazard pada sepeda motor justru tak jelas fungsinya. Sebab, jika sepeda motor mogok, pengendara lebih memilih minggir saja dan segera mencari bengkel terdekat dengan menuntun atau cara lain.

Lebih lanjut, penggunaan lampu hazard pada sepeda motor lebih sering terlihat saat konvoy atau touring. Sering kali para bikers yang touring atau konvoy akan menyalakan lampu hazard sebagai tanda bahwa rombongan atau komunitas yang sedang di jalan raya harus mendapat jalan. Tentu saja, ini bertolak belakang dengan fungsi lampu hazard yang sesungguhnya.

BERI KOMENTAR