HOME » BERITA » FORD KEMBANGKAN SUBFRAME BERBAHAN SERAT KARBON, APA KEUNGGULANNYA?

Ford Kembangkan Subframe Berbahan Serat Karbon, Apa Keunggulannya?

Selasa, 21 Maret 2017 09:15

Ford Kembangkan Subframe Berbahan Serat Karbon, Apa Keunggulannya?
Foto: Magna
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Penggunaan sasis dengan bahan serat karbon memang sudah terbukti keunggulannya. Namun, material komposit tersebut hingga saat ini masih terbatas pada mobil-mobil eksotis, dengan kendaraan mainstream masih memakai sasis berbahan baja.

Akan tetapi, produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford, bekerja sama dengan supplier otomotif Magna International perlahan menggunakan bahan serat karbon.

Rencananya, pihak Magna bakal menyuplai subframe yang bakal menjadi dudukan mesin di produk-produk dari Ford di masa depan.

Seperti yang dilansir oleh CarAdvice, penggunaan subframe berbahan serat karbon menghasilkan bobot 34 persen lebih ringan dan 87 persen lebih sedikit potongan komponen, jika dibandingkan dengan subframe cetakan baja.

Dengan bahan yang lebih ringan, bobotnya otomatis berkurang drastis dan konsumsi bahan bakar secara tidak langsung akan lebih ekonomis.

Sebelum dibawa ke jalur produksi, pihak Magna sedang menguji coba tingkan korosi, kekuatan, dan daya benturnya sehingga Ford masih belum dapat mengkonfirmasi penggunaannya.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-15
detail

BERITA POPULER