HOME » BERITA » FORD RANGER DULU TERNYATA SEAJAIB INI

Ford Ranger Dulu Ternyata Seajaib Ini

Rabu, 16 November 2016 22:30 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Carstyling

OTOSIA.COM - Nama Ford Ranger yang kita kenal saat ini adalah pick-up besar kelas menengah ke atas yang kental dengan kesan maskulin.

Namun, dulu, model kendaraan itu bertolak belakang dengan versi konsep yang pernah muncul di tahun 1960-an meski namanya sama.

Perancangnya adalah Syd Mead yang pada awalnya ingin membangun pick-up Ford convertible serupa Chevrolet SSR. Namanya sendiri pada tahun 1966 adalah mobil konsep Ford Ranger II.

"Ini didesain dengan bercokol pada rangka Ford 1963 versi station wagon. Fiturnya lengkap (kala itu) dengan AC, radio, dan bagian atas yang bisa dikonversi," kata Syd kala itu.

Ia agaknya membuat versi yang bisa diubah dari single cab menjadi double cab. Untuk versi double cab-nya pun kasusnya sama dengan yang ada saat ini, kursi belakang tidak bisa dilipat.

"Prosesnya bisa dilakukan secara elektrik. Hasilnya cukup mengorbankan ruang bak, saat dikonversi dari mobil tiga penumpang jadi lima penumpang yang bentuknya mendekati sedan pick-up," ujarnya seraya menyebut mobil ini dipamerkan selama dua tahun.

Ngomong-ngomong, desain Syd memang ajaib mengingat dia adalah seniman di balik film-film futristik Hollywood, semacam Blade Runner, Aliens, dan Tron.

(kpl/why/fdk)

BERI KOMENTAR