HOME » BERITA » FORMULA 1 BERDUKA, RACE DEIRECTOR F1 CHARLIE WHITING TUTUP USIA

Formula 1 Berduka, Race Deirector F1 Charlie Whiting Tutup Usia

Jum'at, 15 Maret 2019 13:45 Editor : Dini Arining Tyas
Charles Whiting (Motorsport)

OTOSIA.COM - Ajang balap Formula 1 saat ini sedang berduka setelah salah satu tokoh pentingnya dinyatakan meninggal dunia. FIA telah mengkonfirmasi bahwa Race Director mereka yaitu Charlie Whiting telah meninggal dunia karena penyakit emboli paru-paru.

Dilansir dari Motorsport, kabar tersebut disampaikan langsung oleh Presiden FIA, Jean TOdt di Melbourne, menjelang Grand Prix Australia.Charlie Whiting meninggal pada usia ke 66 tahun, tiga hari sebelum Australian Grand Prix.

"Saya sangat sedih mendengar kabar meninggalnya Charlie. Charlie Whiting adalah sosok Race Director yang hebat, tokoh sentral dan tidak ada tandingannya di Formula 1. Formula 1 telah kehilangan teman setia dan ambassador karismatik pada diri Charlie," ujar jean Todt.

Charlie Whiting pertama kali berkecimpung di ajang Formula 1 bersama tim Hesketh Racing pada 1977. Lantas namanya besar saat menjadi mekanik utama bersama dengan tim Brabham. Saat itu, dirinya berperan penting dalam membantu Nelson Piquet meraih gelar juara dunia pada 1981 dan 1983.

Sayangnya, tim tersebut terpaksa dijual oleh pemiliknya yaitu Bernie Ecclestone pada tahun 1988. Selepas dari Brabham, Charlie memutuskan untuk bekerja sebagai tim teknis dari FIA, hingga pada akhirnya diangkat menjadi direktur dan anggota tim keselamatan FIA pada 1997.

Dirinya memiliki peranan penting dalam mengawasi lintasan dan keselamatan mobil, masalah teknis dan prosedural pada setiap grand prix. Charlie juga memegang peran penting dalam mendorong peningkatan standar keselamatan di F1.

Dia merupakan salah satu tokoh penting dibalik penggunaan HALO pada awal tahun lalu yang akhirnya bermanfaat dalam menyelamatkan nyawa Charles Leclerc pada kecelakaan GP Belgia.

Kini, FIA dan Formula 1 akan kehilangan sosok penting dalam setiap gelaran balapan mereka. Kepergian Charlie Whiting pun memberikan kesedihan yang mendalam bagi seluruh keluarga, teman, kerabat dan pecinta Formula 1. Nama Charlie Whiting pun akan selalu dikenang dalam ajang Formula 1.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR