HOME » BERITA » FR78, MOTOR BEBEK PERTAMA SUZUKI DI TANAH AIR

FR78, Motor Bebek Pertama Suzuki di Tanah Air

Rabu, 19 Juli 2017 08:15

FR78, Motor Bebek Pertama Suzuki di Tanah Air
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Pabrikan asal jepang Suzuki mulai bangkit dengan motor sportnya, Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Kabar terbarunya mereka juga dikabarkan akan meluncurkan matic bongsor.

Selain segmen sport dan matic, bagaimana dengan motor bebeknya? Padahal dulu di tahun 1990-an pernah mempunyai motor bebek Suzuki Smash dan Shogun yang banyak diminati masyarakat.

Sambil menunggu kebangkitan motor bebek Suzuki terbaru, ketika ditelesik lebih jauh, ternyata Suzuki memiliki motor yang konon menjadi motor bebek pertama Suzuki di Indonesia. Motor tersebut yakni, Suzuki FR78 yang masuk ke pasar tanah air pada tahun 1973.

Suzuki FR78 memiliki desain layaknya motor bebek dijamannya dengan dua fairing yang berbentuk layaknya sayap. Uniknya pada desain 'kepalanya' yang memiliki sedikit lebihan muncul ke atas sebagai tempat speedometer.

Untuk dapur pacunya masih menggunakan mesin dua langkah, satu silinder 69cc, berpendingin udara dan bersistem pencampuran bahan bakar tersendiri (Suzuki CCI System). Untuk itu motor ini memiliki dua tangki, yakni satu untuk bensin dan satu lagi tangki oli samping. Dan dalam menghidupkan mesinnya, masih menggunakan kick stater manual.

Mesin Suzuki FR78 tersebut secara data tertulis, mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 6.8 hp di putaran mesin 5,500 rpm. Dan tenaga tersebut kemudian dipadu dengan gearbox tiga tingkat percepatan.

Spesifikasinya :

Mesin

Tipe mesin : 2 tak, berpendingin udara, katup rotary

Volume silinder : 69 cc

Diameter x Langkah : 49 x 42 mm

Tenaga maksimum : 6.8 hp (5.1 kW)/ 5,500 rpm

Torsi maksimum : 8.04 Nm (0.82 kg-m)/ 4,500 rpm

Transmisi : 3 kecepatan

Kaki kaki

Rem depan : Tromol

Rem belakang : Tromol

Suspensi depan : Leading link

Suspensi belakang : Swingarm dengan 2 shockbreaker

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER