HOME » BERITA » FUSO STUDENT SKILL COMPETITION TINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK

Fuso Student Skill Competition Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Rabu, 08 Agustus 2018 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengasah kemampuan para siswa kejuruan lewat Fuso Student Skill Competition 2018. Fuso Student Skill Competition ini merupakan bagian dari Fuso Vocational Education Program, yang mana KTB mempunyai berbagai macam program yang dikhususkan untuk kalangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kompetisi Keahlian Siswa ini merupakan salah satu kegiatan Tanggung Jawab Sosial KTB di bidang pendidikan sebagai realisasi dari komitmen KTB untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Tujuan Kompetisi Keahlian Siswa ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswa SMK khususnya terkait dengan teknik kendaraan.

Fuso Student Skill Competition 2018, diikuti oleh kurang lebih 550 siswa SMK dari 10 kota di Indonesia, yaitu Medan, Palembang, Lampung, Bandung, Jakarta, Bekasi, Solo, Malang, Banjarmasin dan Makassar.

Foto by Nazarudin Ray

Setelah melalui pemilihan secara seksama melalui berbagai aspek hasil penilaian, seperti keselamatan dan keterampilan dalam bekerja, kebersihan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan masalah, akhirnya KTB mengumumkan para siswa terbaik di kompetisi ini di booth Mitsubishi Fuso di GIIAS, ICE BSD City, Tangerang, Rabu (8/8/2018).

Penghargaan kepada para pemenang kompetisi ini, diserahkan oleh Presiden Direktur KTB, Atsushi Kurita di booth Mitsubishi Fuso di GIIAS.

Dalam sambutannya di acara Awarding Fuso Student Skill Competition, Atsushi Kurita mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap semoga kompetisi ini menjadi penyemangat bagi para generasi muda, khususnya para pelajar SMK untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga siap untuk memasuki dunia kerja.

Hasil kompetisi menempatkan siswa terbaik pertama adalah Titis Wahyu Yudiestira dengan guru pendamping Arya Hermawan dari SMK Bhakti Bangsa, Banjarbaru. Di posisi kedua adalah Hafid Akbar Ramadhani dengan guru pendamping Alfian Agusti Susanto, serta terbaik ketiga Diki Wahyudi dengan guru pendamping Arga Nirwansyah dariSMK Mandiri, Medan

Foto by Nazarudin Ray

Sebelumnya KTB membagi kompetisi menjadi 3 tahapan. Tahap pertama merupakan tes teori yang berlangsung pada tanggal 16-20 Juli 2018. Kemudian tahap kedua adalah tes praktik yang diadakan pada tanggal 25 dan 28 Juli 2018.

Sedangkan untuk test tahap III, merupakan tes praktik, dan sesi final diselenggarakan tanggal 7 Agustus 2018 di KTB. Materi yang diujikan pada tahap praktik ini basic electrical, engine component measurement, engine valve adjustment, brake adjustment dan bagaimana altenator, motor starters dan clutch bekerja.

Pendidikan memang menjadi perhatian khusus bagi KTB dalam kegiatan tanggung jawab sosialnya. KTB berharap kompetisi ini dapat menjadi penyemangat para siswa untuk meningkatkan keahlian khususnya dalam bidang otomotif, sehingga nantinya mereka mempunyai bekal yang cukup untuk memasuki dunia kerja.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari donasi kendaraan praktik ke 11 SMK di Indonesia, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian pelatihan otomotif bagi para guru dan siswa SMK.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para siswa SMK khususnya dan bagi dunia pendidikan Indonesia pada umumnya, kata Sales & Marketing Director KTB, Duljatmono.

Reporter : Nazarudin Ray

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR