HOME » BERITA » GALAKKAN SUMBER ALTERNATIF, INDIA MULAI GUNAKAN PLASTIK UNTUK JALANAN

Galakkan Sumber Alternatif, India Mulai Gunakan Plastik untuk Jalanan

Selasa, 14 November 2017 15:30

Galakkan Sumber Alternatif, India Mulai Gunakan Plastik untuk Jalanan
Pembangunan Jalan (foto: Twitter Vala Afsar)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Tak bisa dipungkiri bahwa aspal dan bahan bakunya masih jadi pokok utama untuk membangun infrastruktur utama seperti jalanan dan track bandara. Hal ini sendiri didukung dengan banyaknya pembangunan infrastruktur jalanan yang tersebar di seluruh negeri seiring semakin gencarnya ekspansi demi akses yang cukup bagi semua masyarakat.

Tapi tahukah Otolovers sekalian bahwa selain aspal ternyata di beberapa negara ternyata sudah mencoba bahan baku lain untuk membuat jalan? Seperti ambil contoh Belanda yang memanfaatkan limbah untuk membangun jalanan? Atau akun Twitter Vala Afsar yang mengunggah video dimana pembangunan jalan di India sudah mulai memanfaatkan plastik.

Akun twitter tersebut mengunggah ulang sebuah video dimana bahan baku jalan menggunakan sampah plastik dari botol-botol yang jika dibuang begitu saja tentu tak akan mampu untuk diurai oleh bakteri. Uniknya botol-botol plastik tersebut terolah jadi fragmen kecil lantas kemudian dilelehkan dan disusun menjadi bahan jalan pengganti aspal.

Dari video tersebut disampaikan bahwa penggunaan plastik selain mengurangi limbah yang tidak terurai, juga membuat kondisi jalanan jadi lebih awet. Konon katanya malah jadi lebih kuat daripada aspal, dimana jalan dari plastik ini mampu menyerap panas lebih baik dan lebih tahan guyuran air hujan. Indonesia sudah sampai mana nih?

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-11-14
detail

BERITA POPULER