HOME » BERITA » PERLU DIKETAHUI, INI 11 JENIS, CIRI, DAN CONTOH GAMBAR MOBIL

Perlu Diketahui, Ini 11 Jenis, Ciri, dan Contoh Gambar Mobil

Yuk ketahui jenis-jenis mobil beserta gambarnya

Rabu, 29 Juli 2020 15:30 Editor : Ahmad Muzaki
Perlu Diketahui, Ini 11 Jenis, Ciri, dan Contoh Gambar Mobil
Mitsubishi Triton (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Saat ini pertumbuhan industri mobil semakin cepat. Dari yang pertama kali menggunakan mesin uap, hingga sekarang ada beberapa yang memakai mesin hybrid atau bahkan listrik.

Tuntutan pasar yang semakin beragam menjadi penyebabnya. Apalagi di era sekarang setiap pabrikan dituntut untuk meluncurkan mobil-mobil cerdas yang ramah lingkungan seperti tadi. Hal itu sesuai juga dengan regulasi emisi yang semakin ketat.

Bukan hanya soal mesin, nyatanya mobil juga diciptakan untuk segala jenis kebutuhan. Setiap jenis yang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika menengok deretan kendaraan roda empat yang telah diproduksi sekarang, kurang lebih ada 11 model.

Nah, untuk lebih mengenal jenis-jenis mobil, di bawah ini sudah tersaji ulasannya. Tidak hanya itu, juga disertai ciri-ciri dan gambar mobil.

1 dari 12 Halaman

1. Mobil Convertible

driving.ca

Pertama adalah mobil jenis convertible yang merupakan mobil kecil dengan atap yang bisa dilipat. Sehingga pengemudi bisa memilih antara kendaraan tertutup atau terbuka. Kebanyakan convertible mempunyai konfigurasi dua seater dengan dua pintu.

Tampilan jenis kendaraan ini cukup keren, tengok saja gambar mobil convertible, seperti Ford Mustang, VW New Beetle, Pontiac Sunfire, dan Mitsubishi Eclipse Spyder.

2 dari 12 Halaman

2. Mobil Coupe

autotrader.co.uk

BMW seri 3 Coupe, Nissan Silvia, dan Mercedes-Benz CL merupakan beberapa contoh dari mobil jenis coupe. Jika melihat gambar mobil ini, ciri-ciri yang bisa ditemui adalah desain atap yang lebih ke belakang. Biasanya juga, kendaraan roda empat ini memiliki dua pintu saja dengan dua sater.

3 dari 12 Halaman

3. Mobil Hatchback

Pasti Otolovers sudah tak asing dengan Suzuki Baleno, Honda Brio RS, Mini Cooper Countryman, Toyota Yaris, dan Honda Jazz. Ya, mobil-mobil tersebut merupakan kendaraan jenis hatchback.

Jika melihat gambar mobil Brio, ciri-ciri hatchback adalah antara ruang penumpang dengan bagasi menyatu.

Desainnya sendiri cukup mungil, sehingga sangat cocok jika digunakan untuk berpergian di dalam kota.

4 dari 12 Halaman

4. Mobil MPV

Kemudian ada juga mobil jenis keluarga atau biasa disebut Multi-purpose Vehicle (MPV). Kendaraan ini memiliki desain cukup besar. Hal ini karena MPV mengedepankan kenyamanan dan bisa menampung banyak penumpang. Tengok saja gambar mobil Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Daihatsu Xenia.

5 dari 12 Halaman

5. Mobil SUV

Sport Utility Vehicle (SUV), inilah salah satu jenis mobil yang cukup laris saat ini. Memiliki ciri-ciri bodi besar, ground clearance tinggi, dan mampu dipakai di segala medan. Hal itu bisa Otolovers jumpai dan tengok di gambar mobil Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Terra.

6 dari 12 Halaman

6. Mobil Sedan

Mobil sedan merupakan kendaraan yang cukup difavoritkan dari dulu, sebab terkenal nyaman. Dengan desain pendek dan memanjang, tampilannya hampir serupa dengan jenis coupe. Hanya saja atap mobil sedan tak sampai ke belakang, seperti coupe.

Jika Otolovers penasaran dengan perbedaannya, bisa tengok gambar mobil keren dari Honda Civic, Toyota Camry, dan Toyota Vios.

7 dari 12 Halaman

7. Mobil Station Wagon

Ada juga jenis mobil station wagon. Hanya saja kendaraan model ini jarang dipasarkan di Indonesia.

Ciri-cirinya memiliki desain atap panjang dengan bagasi yang luas. Biar semakin jelas, Otolovers bisa menengok gambar mobil Nissan Avenir dan Volvo 245DL Wagon.

8 dari 12 Halaman

8. Mobil Double Cabin

Terabas segala medan jalan dengan membawa barang bawaan cukup banyak, jelas jenis mobil double cabin sangat cocok. Bisa diisi cukup banyak penumpang dan ada bak kecil di belakang untuk menaruh barang.

Contoh mobil double cabin adalah Mitsubishi Triton Double Cabin HDX, Isuzu D-Max Double Cab 2.5 MT, dan Toyota Hilux 2.5 Extra Cabin.

9 dari 12 Halaman

9. Mobil Sport

Jika melihat gambar mobil sport tentu Otolovers bisa mengetahui ciri-cirinya. Berdasarkan gambar mobil sport tersebut, biasanya mempunyai desain yang pendek namun panjang. Kurang lebih mirip dengan sedan, tetapi bodinya banyak lekukan untuk aerodinamis.

Otolovers tentu bisa menengok gambar mobil sport, seperti Toyota 86, Honda Civic Type-R, Porsche 718.

10 dari 12 Halaman

10. Mobil Offroad

Saat ini sudah banyak orang yang mempunyai hobi offroad. Mobil-mobil yang biasa dipakai adalah yang menggunakan penggerak 4 roda, seperti Land Rover Discovery dan Jeep Grand Cherokee.

Jika melihat gambar mobil keren ini desainnya gahar dan memiliki ground clearance tinggi. Biasanya bodi kendaraan dibuat mengkotak.

11 dari 12 Halaman

11. Mobil LCGC

Kemudian terakhir adalah mobil Low Cost Green Car (LCGC). Seperti namanya, kendaraan ini memang murah dan ramah lingkungan (irit bahan bakar). Otolovers bisa melihat gambar mobil Ayla dan gambar mobil Agya untuk mengetahui detail dari ciri-ciri LCGC.

Secara umum, desainnya tak jauh berbeda dengan MPV. Perbedaan yang mencolok berada di bagian dalam atau interior.

12 dari 12 Halaman

Video Mobil SUV

BERI KOMENTAR