HOME » BERITA » GANDENG PABRIKAN INDIA, FORD AKAN KEMBALI KE INDONESIA?

Gandeng Pabrikan India, Ford Akan Kembali ke Indonesia?

Kamis, 06 September 2018 12:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi: Autotalk.com

OTOSIA.COM - Pada paruh kedua 2016 lalu, Ford, resmi mundur dan menutup seluruh jaringan operasionalnya di Indonesia. Dengan kata lain, perusahaan asal Amerika Serikat itu tak lagi memasarkan maupun memproduksi mobilnya di tanah air.

Kini, kabarnya Ford akan kembali bersaing di pasar otomotif Indonesia. Tak sendiri, mereka hadir ke tanah air bersama pabrikan asal India, Mahindra & Mahindra.

Mahindra Marazzo

Mengutip dari Economictimes.indiatimes.com, rencana itu sebenarnya adalah keinginan Mahindra. Pasalnya, mereka berencana untuk memperluas pasar ke negara-negara ASEAN, Rusia, dan Afrika Selatan.

Nantinya, Ford akan membantu Mahindra di sektor sumber daya dan layanan purna jual dalam pengembangan pasarnya ke berbagai negara tersebut. Saat ini, perusahaan multinasional yang bermarkas di Mumbai, India, itu tengah berinvestasi mendirikan fasilitas terbarunya di Afrika Selatan.

Ford Escape

Sebelumnya, Ford dan Mahindra telah menjalin kolaborasi sejak setahun lalu. Kerja sama itu meliputi sektor produksi, pengembangan teknologi, distribusi, riset mobilitas masa depan, dan mobil listrik.

Namun, masih belum dipastikan mengenai waktu kehadiran kedua pabrikan tersebut ke Indonesia. Seandainya rencana tersebut benar-benar berjalan, persaingan di pasar otomotif tanah air akan semakin ramai.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR