HOME » BERITA » GANJAR PRANOWO JAJAL MOTOR TRAIL PRODUK INDONESIA

Ganjar Pranowo Jajal Motor Trail Produk Indonesia

Sabtu, 03 Maret 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : instagram.com/ganjar_pranowo

OTOSIA.COM - Sepeda motor trail nampaknya semakin digemari berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Bisa dibilang, berbagai macam profesi, usia, dan tak peduli pria maupun wanita, telah terjangkit virus motor garuk tanah ini.

Terbukti dengan Presiden RI, Joko Widodo, yang menunggangi motor trail ketika meninjau Muara Gembong di penghujung tahun lalu. Rupanya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tak mau kalah dengan orang nomor 1 di Indonesia itu.

Dalam akun instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, mantan anggota DPD dari fraksi PDIP ini baru saja mengunggah videonya ketika mencoba sepeda motor trail buatan Indonesia. "Penampakan motor trail 250cc buatan Indonesia. Pabrik ada di semarang. Yg suka trabas silakan dicoba..," tulisnya dalam caption.

Ayah 1 anak ini terlihat tengah menjajal Viar Cross X 250 EC. Dari penampilannya jelas terlihat bahwa motor ini diperuntukkan melibas segala medan dengan status street-legal karena terpasang berbagai kelengkapan standar jalan raya.

Supaya layak beroperasi di aspal, Viar melengkapi Cross X 250 EC dengan headlight, stoplight, lampu sein, spion dan, speedometer. Selain itu, untuk menghadapi lintasan off-road, terdapat mud-guard di bawah mesin, hand-guard, cover shock depan, dan cover disc-brake depan.

Mengusung mesin berkapasitas 249,6cc SOHC, motor keluaran tahun 2017 ini mampu menghasilkan daya sebesar 19kW/ 9.000rpm dengan torsi maksimal 23Nm/ 7.000rpm. Jantung pacu 6 percepatan tersebut disokong oleh sistem karburator dan pengapian CDI. Meskipun terbilang kurang up-to-date, terpasangnya teknologi lawas tersebut memudahkan pemilik untuk membuat motornya lebih liar tanpa harus terhubung ke komputer.

Untuk menunjang statusnya sebagai motor trail, Viar memasang kaki-kaki panjang yang kokoh dan tangguh. Hal ini terlihat dari diadopsinya suspensi upside-down di bagian depan yang berpadu dengan monoshock unitrack system di buritan motor.

Ban depan motor ini memiliki ukuran 90/100 R21 dan disandingkan dengan ban 110/100 R18 di belakang. Untuk menahan keduanya, terpasang hydraulic single disc brake berdiameter 240mm. Semua itu disematkan untuk menopang frame central-tube dan tangki berkapasitas 6,7liter.

Dengan performa dan berbagai fitur tersebut, motor produksi Tanah air ini tidak bisa dipandang sebelah mata meskipun ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Dilansir dari website resmi Viar Motor Indonesia, Cross X 250 EC dibandrol dengan harga Rp40 jutaan.

Tak sedikit orang yang menyangka bahwa Viar merupakan pabrikan asal Negeri Tiongkok. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini mulanya memang mendatangkan langsung produknya yang diproduksi di negeri tirai bambu dalam bentuk CBU (Completely Bulit-Up). Barulah pada Mei 2011, seluruh kegiatan produksi pabrikan yang didikan pada Februari 2000 ini dilakukan di Bukit Semarang, Jawa Tengah.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR