HOME » BERITA » GANJIL-GENAP, WARGA DKI BOLEH TUKAR PELAT

Ganjil-Genap, Warga DKI Boleh Tukar Pelat

Selasa, 05 Maret 2013 14:20

Ganjil-Genap, Warga DKI Boleh Tukar Pelat
Ilustrasi: Sistem ganjil-genap ANPR
Editor : Albert

Otosia.com - Jangan salah tafsir dulu dengan pembolehan ini. Pada prinsipnya, hal ini diberikan khusus bagi mereka yang kebetulan memiliki dua mobil, atau akan membeli mobil baru, tetapi mendapati bahwa nomor di pelat sama-sama ganjil atau sama-sama genap.

Dalam hal ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mempermudah mereka yang ingin menukar nomor polisi tersebut. Penukaran sendiri bisa dilakukan di loket-loket khusus yang nanti tersedia ada di samsat lantas di wilayah masing-masing.

"Misalnya ada yang mau membeli kendaraan baru, sedangkan di rumah sudah ada mobil dengan nomor ganjil, dia bisa memesan untuk mobil baru dengan nomor genap," papar Kepala Bagian Registrasi dan Identifikasi Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Latief Usman di Mapolda Metro Jaya.

Polda dalam hal ini akan membantu warga karena di tiap-tiap Samsat punya loket khusus untuk pergantian nomor polisi. Warga yang hendak mengurus pelat nomor ganjil-genap diminta membawa surat-surat kelengkapan seperti menyertakan KTP, STNK, dan cek fisik kendaraan sesuai dengan prosedur.

Sistem pengaturan ganjil-genap ini sendiri akan berlaku di jalur 3 in 1, yakni Jalan Sudirman, MH Thamrin, Gatot Subroto, dan Rasuna Said, Kuningan. Sistem ganjil-genap akan diberlakukan mulai pukul 06.00-20.00 setiap hari kerja, dan tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional.

Ganjil-genap ditandai dengan angka terakhir di pelat nomor. Angka 1, 3, 5, 7, dan 9 masuk dalam ganjil (diberi stiker hijau) dan 0, 2, 4, 6, 8 masuk dalam genap (stiker merah). Penentuan ganjil-genap akan dilakukan mengikuti tanggal pada setiap harinya.(kpl/why/abe)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER