HOME » BERITA » GANTIKAN CROWN COMFORT, TOYOTA BIKIN ARMADA KHUSUS TAKSI

Gantikan Crown Comfort, Toyota Bikin Armada Khusus Taksi

Pada Tokyo Motor Show 2017 yang dibuka 25 Oktober, Toyota JPN Taxi resmi dijual.

Senin, 23 Oktober 2017 19:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Toyota

OTOSIA.COM - Selama bertahun-tahun, terhitung sejak tahun 1995, Toyota Crown Comfort menjadi pilihan untuk menjadi armada taksi di Jepang berkat kenyamanan sekelas sedan premium.

Hanya saja, sejak bulan Mei silam, pihak Toyota Jepang mengumumkan untuk menghentikan produksi Crown Comfort setelah melayani selama 21 tahun.

Hal tersebut dikarenakan produsen mobil terbesar di Jepang tersebut akan mengganti Crown Comfort dengan mobil yang didesain khusus untuk menjadi mobil taksi.

Pada Tokyo Motor Show 2017 yang dibuka 25 Oktober, Toyota JPN Taxi resmi dijual di jaringan dealer Toyopet dan ditargetkan sudah melayani mayoritas penumpang menjelang Olimpiade Tokyo 2020.

Penampilan Toyota JPN Taxi sekilas mirip dengan taksi hitam khas London, namun tetap mengusung grille dengan desain serupa Crown Comfort yang digantikan, sehingga bentuknya lebih mudah dikenali oleh sekitar.

Penumpang menjadi prioritas Toyota JPN Taxi, sehingga pintu sebelah kiri menggunakan sistem power sliding door, sehingga sopirnya dapat membuka pintu secara elektrik yang dibuka lebar dalam menyambut penumpang.

Masuk ke dalam kabin, penumpang bakal mendapati lantai yang datar dan rendah dengan permukaan, dan argo taksi yang ringkas sehingga memudahkan penumpang untuk mengawasi.

Untuk memudahkan disabilitas, Toyota JPN Taxi juga telah dibuat agar dapat mengakomodasi pengguna kursi roda dengan ruang yang lega di dalamnya.

Ruang bagasi juga lebih luas ketimbang versi sedan, dengan kargo yang dapat menelan barang sebanyak 401 liter, dan dapat memuat 2 koper secara horizontal, atau 4 tas golf.

Toyota JPN Taxi juga telah dilengkapi oleh sistem GPS untuk mencari arah tujuan penumpang, serta teknologi Toyota Safety Sense C (TSS-C), untuk memberi peringatan saat ada potensi kecelakaan.

Untuk memberi pilihan yang beragam, Toyota menawarkan JPN Taxi dalam 2 varian, yakni varian dasar bernama Nagomi, dan versi premium berjuluk Takumi.

Adapun, Toyota JPN Taxi Nagomi dilengkapi dengan lampu utama Halogen, dengan bumper plastik hitam, serta pelek kaleng, dan interior menggunakan bahan kain.

Sedangkan untuk grade Takumi dilengkapi pelek alloy, bumper sewarna bodi, headlight Bi-Beam LED, jok berbalut bahan kulit, dan AC Double Blower.

Membawa nama besar Toyota, JPN Taxi menggunakan dapur pacu berbahan bakar LPG 1NZ-FXP 1.5-liter, dan disertai dengan mesin hybrid khas Toyota.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR