HOME » BERITA » GARA-GARA AUTOPILOT, TESLA DITUNTUT POLISI TEXAS SENILAI RP286 MILIAR

Gara-gara Autopilot, Tesla Dituntut Polisi Texas Senilai Rp286 Miliar

Tesla dituntut hingga ratusan miliar gara-gara kecelakaan karena teknologi autopilot

Kamis, 30 September 2021 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Gara-gara Autopilot, Tesla Dituntut Polisi Texas Senilai Rp286 Miliar
Tesla (Carscoops)

OTOSIA.COM - Lagi-lagi Tesla harus berurusan dengan hukum gara-gara permasalahan teknologi autopilot. Kali ini merek mobil listrik tersebut digugat karena sebuah kecelakaan yang diklaim telah melukai anggota polisi di Splendora, Montgomery County, Texas.

Dilansir dari Carscsoops, para polisi melalui Firma Hukum Buzbee dan PC Muery & Ferrel, menuduh bahwa Tesla belum berbuat banyak untuk mengatasi kelemahan teknologi autopilot-nya.

1 dari 3 Halaman

Polisi Terluka Parah

Gugatan tersebut menyatakan bahwa lima polisi terluka parah saat melakukan pencarian narkoba di kendaraan yang dihentikan di bahu jalan. Mobil polisi ditabrak mobil Tesla yang tengah memakai fitur autopilot.

"Karena cacat desain dan manufaktur yang diketahui Tesla, kegagalan Tesla untuk secara memadai memperingatkan cacat tersebut, dan keengganan Tesla untuk mengakui atau memperbaiki cacat tersebut, Autopilot dan fitur keselamatan sistem Tesla gagal mendeteksi mobil petugas atau berfungsi. dengan cara apa pun untuk menghindari atau memperingatkan bahaya dan kecelakaan berikutnya," tulis pengacara dalam gugatan itu.

2 dari 3 Halaman

Bahkan pengacara yang mewakili para polisi, Tony Buzbee, mengatakan bahwa kecelakaan seperti ini sudah banyak terjadi di seluruh negeri. Polisi Florida pada akhir Agustus lalu juga merilis rekaman kecelakaan serupa.

"Setelah penelitian, apa yang kami temukan adalah, ini terjadi di seluruh negeri," kata Buzbee kepada KPRC 2 News Houston.

"Bahkan, pemerintah baru-baru ini, berbicara tentang dalam 30-60 hari terakhir, telah meminta Tesla untuk menyerahkan informasi mengenai setiap kecelakaan yang terjadi yang melibatkan Tesla secara autopilot yang juga melibatkan petugas polisi," jelasnya lagi.

3 dari 3 Halaman

Digugat Rp286 Miliar

Tesla sendiri dilaporkan telah menyempurnakan teknologi autopilot. Namun hal ini masih diselidiki untuk mengetahui tingkat keamanannya. Bahkan Buzbee sendiri menilai jika informasi tersebut menyesatkan.

"Anda mungkin pernah melihat bahwa Elon Musk dan Tesla dengan bangga memuji Tesla dengan autopilot lebih aman daripada pengemudi sehari-hari Anda, bahwa Tesla dengan autopilot memiliki lebih sedikit kecelakaan daripada sebaliknya. Tapi apa yang kami pelajari adalah bahwa informasi ini menyesatkan," kata Buzbee.

Sementara itu, Tesla dituntut untuk memberikan ganti rugi senilai $20 juta atau Rp286 miliar untuk beberapa cedera, termasuk cacat permanen yang diklaim. (Kurs $1=Rp14.313).

BERI KOMENTAR