HOME » BERITA » GARA-GARA AUTOPILOT, TESLA MODEL 3 SAMPAI TABRAK MOBIL POLISI

Gara-gara Autopilot, Tesla Model 3 Sampai Tabrak Mobil Polisi

Kecelakaan gara-gara autopilot terjadi di Amerika Serikat. Tesla Model 3 sampai menabrak mobil polisi

Rabu, 01 September 2021 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Gara-gara Autopilot, Tesla Model 3 Sampai Tabrak Mobil Polisi
Tesla alami kecelakaan (Twitter/@FHPOrlando)

OTOSIA.COM - Kecelakaan gara-gara teknologi autopilot memang sering terjadi. Biasanya hal seperti ini terjadi karena kelalaian pengguna sendiri, karena pada dasarnya teknologi ini belum sepenuhnya self-driving. Sehingga masih memerlukan pengawasan si pengemudi.

Insiden kecelakaan gara-gara autopilot baru-baru ini kembali terjadi. Kali ini terjadi di Florida, Amerika Serikat pada Sabtu (28/8/2021) lalu.

1 dari 5 Halaman

Kronologi Kejadian

Kabar kecelakaan ini sendiri dikabarkan langsung oleh Patroli Jalan Raya Florida, Amerika Serikat melalui akun Twitter @FHPOrlando. Akun tersebut mengunggah beberapa foto dari kecelakaan tersebut.

Sementara itu, kejadian ini bermula saat petugas patroli berhenti untuk membantu pengemudi SUV yang mengalami masalah di pinggir jalan. Namun tiba-tiba ada Tesla Model 3 yang melaju kencang dan menabrak bagian sisi kiri mobil polisi dan bagian depan SUV.

2 dari 5 Halaman

Mobil Rusak Parah

Akibat insiden ini Tesla dan mobil polisi mengalami kerusakan parah. Bagian sisi samping kedua mobil ini tampak sudah tak berbentuk. Sementara itu, SUV Mercedes-Benz juga mengalami kerusakan parah di bagian depan.

Karena insiden ini arus lalu lintas ditutup untuk membersihkan jalan dari sisa-sisa kecelakaan. Beruntung tidak ada korban luka-luka atau meninggal dunia dari kecelakaan tersebut.

3 dari 5 Halaman

Gara-gara Autopilot

Pengemudi wanita yang mengendarai Tesla Model 3 mengaku jika sebelum kejadian ia telah mengaktifkan fitur Autopilot. Sedangkan penyebab spesifik dari insiden ini masih diselidiki pihak kepolisian.

Sebelum insiden ini, NHTSA telah melaporkan jika ada serangkaian kecelakaan serius di Amerika Serikat sejak awal 2018 lalu gara-gara autopilot. Sederet kecelakaan tersebut telah menyebabkan 17 orang cedera dan 1 meninggal dunia.

Saking seringnya autopilot memicu kecelakaan, NHTSA membuka penyelidikan terhadap teknologi ini pada serangkaian mobil Tesla yang diproduksi antara 2014-2021.

4 dari 5 Halaman

Spesifikasi

Sekadar informasi juga, Tesla Model 3 hadir dengan tiga varian, yakni Standard Range Plus $38.690 atau Rp551 juta, Long Range $47.690 atau Rp679 juta, dan Performance $57.190 atau Rp815 juta (Kurs $1=Rp14.251).

Mobil listrik ini memiliki dimensi dengan panjang 4.694 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.443 mm, serta jarak sumbu roda 2.875 mm.

Terkait performa, ditopang dengan motor listrik permanent-magnet synchronous AC, Paket baterai lithium-ion 80.5 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 221 hp dan torsi puncak 302 lb-ft.

5 dari 5 Halaman

 

 

BERI KOMENTAR