HOME » BERITA » GARA-GARA KANTONG UDARA, FORD DIMINTA RECALL 3 JUTA KENDARAANNYA

Gara-gara Kantong Udara, Ford Diminta Recall 3 Juta Kendaraannya

Ford diminta recall terhadap beberapa model mobilnya karena masalah kantung udara

Jum'at, 22 Januari 2021 17:45 Editor : Ahmad Muzaki
Gara-gara Kantong Udara, Ford Diminta Recall 3 Juta Kendaraannya
Mobil Ford (caranddriver.com)

OTOSIA.COM - National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) meminta Ford untuk melakukan penarikan kembali alias recall terhadap beberapa model mobilnya. Keputusan ini diambil setelah NHTSA menolak petisi dari Ford dan Mazda terkait penolakan recall.

Melansir Car and Driver, recall ini dikarenakan potensi kerusakan kantong udara (airbag) merek Takata yang berisiko memuntahkan pecahan logam ke seluruh bagian kabin. Sehingga sangat membahayakan pengemudi dan penumpang.

1 dari 2 Halaman

Disinyalir Ford akan menghabiskan sekitar $610 atau Rp8,5 triliun untuk recall 3 juta mobil yang terdampak. Di antaranya adalah model Ford Edge, Fusion, dan Ranger tahun 2006 hingga 2012, Lincoln MKX dan MKZ / Zephyr, serta Mercury Milan. Sedangkan Mazda diminta recall pikap B-series 2007-2009.

Atas kebijakan ini, Ford dan Mazda memiliki waktu 30 hari untuk membuat rencana penarikan kembali mobil-mobil yang terdampak.

2 dari 2 Halaman

Sebelumnya di November 2020, Ford telah melakukan recall terhadap beberapa model mobilnya di Amerika Serikat karena masalah driveshaft. Penghubung bagian tersebut harus diganti karena berpotensi patah. Akibatnya mobil bisa kehilangan kendali dan terguling.

Ford membagi recall dalam 2 gelombang. Di gelombang pertama ada 15.587 unit yang direcall, sedangkan gelombang kedua sebanyak 10.905 unit.

Gelombang pertama yang direcall merupakan model Taurus dan Explorer lansiran 2014 hingga 2016. Kemudian model mobil Edge tahun 2014 dan Explorer, serta Lincoln Aviator 2020. Sedangkan gelombang kedua merupakan recall dari model lansiran 2020.

BERI KOMENTAR