HOME » BERITA » GARA-GARA KEKURANGAN MARSHAL, BALAPAN ASIA TALENT CUP 2021 DI SIRKUIT MANDALIKA DIUNDUR

Gara-gara Kekurangan Marshal, Balapan Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika Diundur

Resmi! Ajang Asia Talent Cup 2021 ditunda gara-gara kekurangan marshal di Sirkuit Mandalika

Senin, 15 November 2021 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Gara-gara Kekurangan Marshal, Balapan Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika Diundur
Pembalap (Instagram/@asiatalentcup)

OTOSIA.COM - Ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 yang dihelat di Sirkuit Mandalika pada Minggu (14/11/2021) batal. Hal ini dikabarkan langsung oleh Instagram @mgpindonesia yang mengutip dari laporan media lokal Rock FM Lombok pada Minggu (14/11/2021).

Dijelaskan juga bahwa pembatalan ini dikarenakan kurangnya jumlah marshal di setiap pos lintasan Sirkuit Mandalika.

"Secara regulasi jumlah tiap pos seharusnya 8 orang, namun sejauh ini Pertamina Mandalika International Street belum memenuhi angka minimal tersebut," tulis akun tersebut.

1 dari 7 Halaman

Ditunda

Setelah pembatalan tersebut pihak Dorna tak tinggal diam begitu saja. Dari postingan @mgpindonesia diketahui bahwa ajang IATC dijadwalkan ulang dilaksanakan pekan depan.

"Race 1 dan Race 2 Asia Talent Cup hari Minggu ini resmi dibatalkan, namun Dorna kembali menata ulang jadwal balapan untuk pekan depan yang akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 21 November di Pertamina Mandalika International Circuit," tulis akun tersebut.

Artinya ajang balap IATC akan digelar di sela-sela World Superbike (SBK). "Dua balapan yang gagal terlaksana hari ini akan dipindahkan pekan pekan sehingga Asia Talent Cup akan menjalani balapan sebanyak 4 kali disela-sela semua sesi World Superbike," lanjutnya.

2 dari 7 Halaman

Netizen Kecewa

Tentunya kabar ini tidak bisa diterima oleh netizen. Banyak dari mereka yang kecewa dengan kabar yang telah disukai lebih dari 2 ribu kali tersebut.

"Panitianya sangat tydak proffesional," tulis @dimassydi_04

"KEMARIN UNBOXING,HARI INI KEKURANGAN MARSHAL, MEMALUKAN," jelas @46ahmadyani

"Gpp lah mending di gabungin biar yg bayar puluhan juta terbayarkan nontonnya," komentar @adhaa65

"Gokil sih dorna bener2 dukung mandalika bgt," tulis @andryfardiansyah_

"Utk bkn pas wsbk... Kalo gk beeh satu dunia liatin," komentar @hanrecovery_

3 dari 7 Halaman

Fakta Unik Sirkuit Mandalika

Tinggal menghitung hari untuk ajang balap World Superbike (WSBK) digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Adu balap motor ini digelar pada 19-21 November 2021 mendatang.

Sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu ternyata menyimpan sederet fakta unik. Dilansir dari postingan Instagram @kemenparekraf.ri pada Jumat (5/11/2021), berikut sederet fakta-fakta unik tersebut.

4 dari 7 Halaman

Puasa 24 Tahun

Siapa sangka Indonesia sudah berpuasa tak menggelar ajang motor bergengsi selama 24 tahun. Di tahun ini puasa tersebut akan berakhir dengan gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika.

Diketahui bahwa Indonesia terakhir kali menjadi tuang rumah ajang balap motor internasional pada tahun 1997.

5 dari 7 Halaman

Pit Building

Fakta lainnya, ternyata pit building Sirkuit Mandalika 100 % terbuat dari produk-produk asli Indonesia. Pembangunan pit building sepenuhnya memakai produk modular dalam negeri yang dikerjakan dalam waktu 1,5 bulan.

Menariknya lagi, pit building ini dirancang non-permanent seperti sirkuit kelas dunia lainnya. Lantai dasar untuk garasi, lantai dua tribun penonton dan VVIP, sedangkan lantai tiga untuk fasilitas pendukung.

6 dari 7 Halaman

Konsep Berbeda

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya yang memiliki konsep berbeda.

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting Mandalika Grand Prix Association, memaparkan bahwa inner dan outer road di Sirkuit Mandalika bisa diakses oleh publik untuk beraktivitas ketika sedang tidak digunakan. Akan tetapi bukan di trek utamanya.

7 dari 7 Halaman

Surga Dunia Lombok

Sirkuit Mandalika terletak di kawasan wisata dan surga dunia Lombok. Artinya, selain menonton adu balap Otolovers juga bisa liburan dengan menikmati keindahan alam.

Ada beberapa destinasi wisata unggulan yang patut dikunjungi, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika.

BERI KOMENTAR