HOME » BERITA » GARA-GARA KOMPONEN SEPELE, RIBUAN MOGE YAMAHA KENA RECALL

Gara-gara Komponen Sepele, Ribuan Moge Yamaha Kena Recall

Setidaknya ada 3.493 unit di negeri Paman Sam yang terkena recall. Komponen yang rusak sebenarnya sepele, namun dampaknya cukup signifikan.

Jum'at, 10 Agustus 2018 13:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Moto-station.com

OTOSIA.COM - Yamaha melakukan recall pada dua produk motor gede (moge) keluarannya di Amerika Serikat, yaitu Yamaha MT-07 dan Yamaha XSR-700. Keduanya harus kembali ke pabrik lantaran komponen sepele, chain-guard atau pelindung rantai.

Yamaha XSR-700

Mengutip dari Motorcycle.com, setidaknya ada 3.493 unit di negeri Paman Sam yang terkena recall. Untungnya, Yamaha FZ-07, generasi terdahulu dari Yamaha MT-07 tidak terkena kasus yang sama meski memiliki desain swingarm serupa.

Yamaha MT-07

Menurut sumber yang sama, National Highway Traffic Safety Administration menyatakan bahwa baut yang menahan chain-guard dapat kendur dengan sendirinya karena terkena getaran, terlebih ketika melibas jalanan rusak. Bahkan, baut tersebut bisa terlepas sehingga chain-guard berpotensi merusak rantai.

Chain-guard Yamaha MT-07

Terkait hal tersebut, Yamaha Motor Corp. USA sudah diperingatkan oleh induknya di Jepang pada 9 Juli 2018 lalu. Permasalahan ini pertama kali diketahui saat dilakukan quality control dan percobaan pada beberapa model yang didatangkan langsung dari Jepang.

Dengan demikian, pihak pabrikan akan mengganti chain-guard dan melakukan perbaikan pada swing-arm pada beberapa model yang terkena recall.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR