HOME » BERITA » GARA-GARA LAYAR, TESLA DIMINTA RECALL 158.000 UNIT MOBIL

Gara-gara Layar, Tesla Diminta Recall 158.000 Unit Mobil

NHTSA meminta Tesla untuk menarik kembali alias recall 158.000 mobil

Jum'at, 15 Januari 2021 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Gara-gara Layar, Tesla Diminta Recall 158.000 Unit Mobil
Layar Tesla (Carscoops)

OTOSIA.COM - Tesla kini menjadi brand mobil listrik terkemuka di dunia. Ciri khas dari produsen mobil asal Amerika Serikat ini adalah layar infotainment yang berukuran besar, seperti Model S dan Model X yang ditunjang dengan layar 17 inci.

Nyatanya bagian tersebut malah membuat Tesla dalam masalah. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) meminta Tesla untuk melakukan recall akibat potensi layar yang bermasalah.

1 dari 4 Halaman

Melansir Carscoops, dalam surat yang diberikan kepada Tesla, NHTSA mengatakan bahwa Kantor Investigasi Cacat NHTSA mereka menemukan potensi cacat atau kegagalan fungsi kontrol media. Akibatnya kamera belakang dan fungsi lainnya tak berfungsi.

NHTSA meminta Tesla untuk recall Model S lansiran tahun 2012-2018 dan Model X tahun 2016-2018.

2 dari 4 Halaman

Model-model tersebut dilengkapi dengan prosesor Nvidia Tegra 2 dan perangkat memori flash 8GB eMMC NAND. Menurut NHTSA, kapasitas memori digunakan setiap mobil dihidupkan. Namun perangkat keras eMMC NAND gagal berfungsi saat kapasitas penyimpanan penuh.

Jika kondisi ini terjadi, maka sistem infotainment gagal berfungsi. Efeknya adalah hilangnya tampilan kamera belakang dan potensi tak berfungsinya sistem climate control yang digunakan untuk menghilangkan embun dan salju di kaca jendela.

NHTSA sendiri juga mencatat dampak buruk lainnya, yakni pada sistem Autopilot ("ADAS"), fungsi lampu sein yang kehilangan bunyi, driver sensing, dan peringatan terkait fungsi kendaraan.

3 dari 4 Halaman

NHTSA menyimpulkan bahwa masalah tersebut merupakan catat yang dapat mempengaruhi keselamatan kendaraan bermotor. Oleh sebab itu pemerintah meminta Tesla untuk me-recall model-model tadi dan kemudian memperbaikinya.

Sekitar 158.000 unit mobil yang terkena dampak. Berdasarkan penyelidikan, perangkat memori flash gagal berfungsi setelah 5-6 tahun.

4 dari 4 Halaman

Permintaan recall ini sebenarnya tidak mengikat, namun jika Tesla menolak, maka mereka harus memberikan penjelasan lengkap terkait hal itu. Jika pemerintah tidak puas dengan alasan yang diberikan, kemungkinan besar ada kebijakan baru yang dikeluarkan.

Tesla memiliki waktu hingga 27 Januari mendatang untuk menanggapi surat tersebut.

BERI KOMENTAR