HOME » BERITA » GARA-GARA SPATBOR, SELAMA 44 TAHUN MOBIL INI TAK DICUCI

Gara-Gara Spatbor, Selama 44 Tahun Mobil Ini Tak Dicuci

Seorang pemilik mobil Datsun 280Z tak pernah mencuci mobilnya sejak membelinya pertama kali, 44 tahun yang lalu.

Selasa, 03 November 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Gara-Gara Spatbor, Selama 44 Tahun Mobil Ini Tak Dicuci
44 tahun mobil ini tak pernah dicuci (Carscoops)

OTOSIA.COM - Menjaga agar mobil tetap kinclong, salah satunya dengan mencucinya. Bahkan orang-orang ada yang sengaja serutin mungkin untuk mencuci mobil agar kebersihannya selalu terjaga.

Namun, ada satu mobil yang ternyata tidak pernah dicuci satu kalipun. Adalah Datsun 280Z rakitan 1976yang tidak pernah dibersihkan sejak pertama dibeli atau dalam jangka waktu 44 tahun.

Melansir Carscoops, Datsun 280Z ini merupakan milik seorang pria asal Philadelphia, Amerika Serikat. Ketika membeli roda empat tersebut, si empunya sadar ada penyok kecil di bagian spatbor depan.

1 dari 4 Halaman

Diler menawarkan untuk menggunakan dempul dan dicat ulang, agar tampilan mobil kembali mulus. Tapi, sang pemilik menolaknya, dan harus mendapatkan spatbor baru.

Kemudian, diler akhirnya setuju. Jadi spatbor lama dilepas sambil menunggu yang baru dikirimkan.

Namun, karena ada kondisi ekonomi, proses perbaikan mobil ini tidak berjalan hingga saat ini. bahkan, sang pemilik juga sudah melepaskan radio, serta beberapa bagian interiornya.

Mobil tersebut akhirnya terbengkalai di gudang, dengan debu yang tebal menyelimuti bagian bodi mobil.

2 dari 4 Halaman

Saat ini, pemilik baru mencoba untuk merestorasi kendaraan keren ini. Sejatinya, mobil ini memang masih sangat bagus keadaannya, karena odometer yang masih rendah, masih ada identitas mobil baru, seperti stiker pengecekan, kunci orisinil, dan juga tutup tangki yang belum dibuka.

Bahkan, jok orisinil mobil ini masih terbungkus plastik, dan mesin yang masih terpasang rapi.

3 dari 4 Halaman

Akhirnya dicuci

Sebelum melakukan restorasi, mobil ini pertama kalinya dicuci terlebih dahulu, langsung ditangani oleh detailer mobil klasik dan ahli mobil Jepang bersertifikat, Larry Kosilla dari Ammo NYC.

Karena mobil itu tertutup lapisan debu dan kotoran yang tebal, Kosilla mengeluarkan pelumas berbusa khusus dan menyemprotkannya ke seluruh eksterior mobil.

Kemudian, ia menggunakan lap microfiber tebal untuk menyeka sebagian besar kotoran.

4 dari 4 Halaman

Digunakan pula mesin uap untuk menguji kekuatan segel dan setelah yakin bahwa segel dalam kondisi baik, lalu menggunakan mesin cuci bertekanan untuk membilas mobil secara menyeluruh.

Setelah itu, mobil mulai digosok pengilap cat untuk mengembalikannya ke kondisi aslinya dan juga mendetail interior dan ruang mesin.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR