HOME » BERITA » GAS-REM SENDIRI DI TOL TANPA INJAK PEDAL, BEGINI UNIKNYA PAJERO-ECLIPSE INDONESIA

Gas-Rem Sendiri di Tol Tanpa Injak Pedal, Begini Uniknya Pajero-Eclipse Indonesia

Mitsubishi Eclipse Cross menyodorkan sejumlah fitur unggulan untuk kenyamanan berkendara, salah satunya adalah fitur Adaptive Cruise Control.

Senin, 29 Maret 2021 18:15 Editor : Nazarudin Ray
Gas-Rem Sendiri di Tol Tanpa Injak Pedal, Begini Uniknya Pajero-Eclipse Indonesia
Test drive Mitsubishi Eclipse Cross (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Membahas keunikan SUV Pajero dan Eclipse dari Mitsubishi Motors memang seperti tidak ada surutnya. Bukan hanya karena keduanya merupakan SUV sporty, melainkan Pajero Sport punya sederet fungsi unik termasuk via smartphone, sementara Eclipse terkenal dengan fungsi baterainya.

Salah satu keunikan fungsi lain dari keduanya adalah fungsi gas-rem sendiri seperti misalnya saat berada di jalan tol. Membayangkan fungsi semacam ini tentu meminimalkan tenaga pengemudi terutama di era ketika tol sudah tersambung sepanjang Pulau Jawa.

Fungsi gas tanpa pijak pedal memang sudah dikenal dengan istilah "Cruise Control". Namun berbeda dengan yang tersedia di Mitsubishi Eclipse Cross dan juga Pajero Sport ini. Namanya adalah Adaptive Cruise Control.

1 dari 3 Halaman

Dengan fitur Cruise Control ini, pengemudi bisa melajukan mobilnya tanpa harus menginjak pedal gas. Ada batas ketentuan kecepatan maksimal dan minimal untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Bedanya dengan Cruise Control umum? Adaptive Cruise Control membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem.

2 dari 3 Halaman

Adaptive Cruise Control membebaskan pengemudi dari pedal gas dan rem

Adaptive Cruise Control memungkinkan mobil menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas. Fungsi gas-rem sendiri itu dimungkinkan karena adanya penggunaan laser dan sensor-sensor lain, termasuk untuk melakukan pengereman secara otomatis (adaptif).

"Saat Adaptive Cruise Control ini diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem," ujar Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). 

3 dari 3 Halaman

Jadi saat kendaraan di depan mengurangi kecepatan, fitur Adaptive Cruise Control akan mengurangi sendiri kecepatannya. Begitu mobil di depan kembali melaju, maka Eclipse atau Pajero juga akan menambah kecepatan sesuai batasan yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Lasernya bertujuan mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan. Mobil akan mengerem ketika jarak mobil sudah terlalu dekat. Begitu juga ketika mobil mendeteksi jarak yang terlalu jauh dengan kendaraan di depannya.

Cara mengaktifkan fitur Adaptive Cruise Control sendiri seperti halnya Cruise Control pada umumnya. Tekan tombol Cruise Control yang terletak di setir sebelah kanan, dan kita setidaknya sudah melaju 40 km/jam.

BERI KOMENTAR