HOME » BERITA » GAYA BERKENDARA SEPERTI INI BISA PENGARUHI UMUR BUSI SEPEDA MOTOR

Gaya Berkendara Seperti Ini Bisa Pengaruhi Umur Busi Sepeda Motor

Ternyata gaya berkendara bisa mempengaruhi umur busi sepeda motor. Namun tetap ada faktor lain juga yang mempengaruhinya.

Sabtu, 20 April 2019 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Busi (driving.co.uk)

OTOSIA.COM - Busi mempunyai fungsi untuk membakar bahan bakar sehingga bisa digunakan sebagai sumber tenaga sepeda motor. Oleh sebab itu, busi menjadi salah satu komponen terpenting yang ada di sepeda motor Otolovers.

Lalu, dengan fungsinya yang cukup penting tersebut, apakah gaya berkendara akan memengaruhi umur busi secara keseluruhan?

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, gaya berkendara yang baik memang memengaruhi performa dan konsumsi bahan bakar. Semakin baik gaya berkendara, maka performa mesin akan lebih maksimal, dan juga konsumsi bahan bakar yang semakin irit.

Untuk penggunaan busi, gaya berkendara memang cukup berpengaruh, meskipun pengaruhnya tidak terlalu besar. Gaya berkendara stop and go, atau sering mengulur dan menarik gas secara tiba-tiba, dapat mengurangi umur busi.

Faktor terbesar yang memengaruhi umur busi, adalah ruang bakar yang tidak sehat atau tidak bersih. Ruang bakar yang tidak bersih akan membuat busi cepat kotor, dan kondisi inilah yang membuat busi akan cepat mati. Bahkan hanya bisa bertahan dalam beberapa bulan saja.

Faktor lainnya yang memengaruhi umur busi, adalah pengaturan karburator yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kerapatan busi. Terlalu longgar akan membuat bensin yang digelontorkan lebih banyak dan tidak terbakar maksimal. Kondisi ini akan membuat busi terus basah dan rentan mati.

Selain faktor tadi, kurang lebih ada 3 hal penting yang harus diperhatikan Otolovers. Ini tentu untuk menjaga performa busi agar tetap maksimal. 3 hal tersebut di antaranya adalah campuran bahan bakar dan udara yang harus tepat, tidak ada kebocoran di kompresi, serta busi harus bersih.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR