HOME » BERITA » GEBER HYUNDAI KONA ELECTRIC FACELIFT, KENCANG TAPI SENYAP

Geber Hyundai Kona Electric Facelift, Kencang Tapi Senyap

Tidak ada suara yang dihasilkan oleh Hyundai Kona Electric facelift ketika digeber.

Jum'at, 19 Maret 2021 18:45 Editor : Cornelius Candra
Geber Hyundai Kona Electric Facelift, Kencang Tapi Senyap
Hyundai Kona Electric facelift (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) terus berupaya untuk memperkenalkan mobil listriknya di pasar otomotif. Mulai hari ini (19/3) sampai Minggu mendatang (21/2), pabrikan asal Korea Selatan itu pun menggelar event Hyundai Track Day di Sirkuit Sentul.

Menariknya, acara ini tidak hanya digelar untuk awak media, tapi juga calon konsumen yang ingin merasakan Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Kona Electric secara langsung. Sejumlah rintangan sudah dipersiapkan sehingga masyarakat bisa mendapat pengalaman yang utuh dan tentunya tetap aman.

1 dari 4 Halaman

Pada kesempatan yang sama, redaksi Otosia pun sempat menggeber Hyundai Kona Electric facelift. Sebelumnya, model teranyar dari mobil SUV bertenaga listrik itu telah dirilis untuk pasar otomotif Indonesia pertengahan Februari 2021 lalu dengan harga Rp697 juta (OTR Jakarta).

Secara fisik, Hyundai Kona Electric facelift kini tampil semakin sporty. Tarikan garisnya lebih tegas dan terkesan melebar, serta LED DRL yang menyipit. Selain itu, overfender dibuat sewarna body, penggunaan velg 17 inci, serta brakelight dengan konsep LED bar.

2 dari 4 Halaman

Masuk ke kebin, ada ubahan di kisi-kisi AC yang kini didesain mirip baling-baling. Instrumen panel Hyundai Kona Electric facelift pun semakin modern berkat penggunaan layar digital full-TFT 10,25 inci. Head-unit mobil ini pun sekarang membesar dari 7 inci ke 8 inci dan bisa terhubung ke smartphone melalui Android Auto atau pun Apple CarPlay.

Karena sebatas penyegaran, Hyundai Kona Electric facelift masih mengusung dapur pacu yang sama. Di kap depan terdapat motor listrik bertenaga 136 PS dan torsi 395 Nm, serta disokong baterai 39,2 kWh dengan jarak tempuh sejauk 305 km.

3 dari 4 Halaman

Terlahir sebagai mobil listrik, Hyundai Kona Electric facelift tentu memberi pengalaman berkendara yang berkendara, terlebih di sirkuit. Akselerasinya terasa instan dan cukup cepat mencapai kecepatan di atas 100 km/jam. Meski digeber habis-habisan, tidak ada suara gerungan mesin, tapi hanya decitan ban ketika menikung dan mengerem.

Baterai yang menjadi komponen terberat dari sebuah mobil listrik diletakkan di bawah lantai. Karena itu, Hyundai Kona Electric facelift tetap stabil ketika menikung dengan kecepatan tinggi berkat pusat gravitasinya yang relatif rendah. Pengendaliannya pun presisi, meski masih terasa ada sedikit jeda di lingkar kemudinya.

4 dari 4 Halaman

Hyundai Kona Electric facelift pun memiliki feel pengereman yang tepat dan sigap. Tentu hal ini sangat penting mengingat akselerasinya yang instan. Untuk urusan kenyamanan, bangku di baris depan sudah bisa diatur secara elektrik dan dilengkapi dengan pendingin serta pemanas.

Fitur keselamatan pada Hyundai Kona Electric facelift lebih lengkap dibanding model sebelumnya. Di versi terbaru ini sudah tersemat Lane Keep Assist (LKA), Lane Follow Assist (LFA), Forward Collision Avoidance-Assist (FCA), dan Safety Exit Assist (SEA).

BERI KOMENTAR