HOME » BERITA » GEMERLAPNYA IGNIS, BERAWAL DARI MOBIL INI!

Gemerlapnya Ignis, Berawal dari Mobil ini!

Jum'at, 21 April 2017 21:15

Gemerlapnya Ignis, Berawal dari Mobil ini!
Suzuki SC100-GX (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Suzuki Ignis resmi diperkenalkan di Indonesia, mobil yang statusnya CBU dari India ini masuk sebagai salah satu alternatif mobil mini SUV yang sebelumnya secara tradisionil dibopong oleh Suzuki Jimny dan rekan-rekan seangkatannya.

Namun apakah tahu, bahwa ternyata Suzuki Ignis bukanlah mobil dari generasi yang sama dengan Jimny? Mobil yang konon dipergunakan untuk menggantikan Suzuki Splash ini punya garis sejarah yang panjang dengan nama julukan Whizzkid!

Tak percaya? Coba tengok bagaimana Suzuki menaruh 3 stripes di bagian belakang dari pintu mobil Suzuki Ignis. Identitas ini merupakan identitas yang amat ikonik dan hanya dimiliki oleh Suzuki Whizzkid, dengan codename Cervo CX-G keluaran tahun 1979 yang lalu.

Mobil ini saat dilahirkan memang agak kurang populer apalagi oleh kaum milenials. Mobil ini lebih banyak dikendarai oleh generasi Baby Boomers yang saat itu juga masih menggilai Honda Civic keluaran 1970, nyaris bebarengan dengan Mazda Interplay hatchback yang juga legendaris.

Mobil ini berformat hatchback, justru berbeda dengan Suzuki Ignis yang didapuk sebagai mini SUV. Berbekal format dua pintu, pada jamannya Suzuki Whizzkid dianggap sangat sporty dan futuristik, sedikit banyak menjadi inspirasi mobil-mobil dengan dua pintu sporty jaman tahun 1990-an.

Whizzkid SS20 lahir sebagai generasi pertama dari Cervo yang ditelurkan pada tahun 1955, menjadi kei car pertama di dunia. Sekaligus jadi cikal bakal kei car beberapa dekade setelahnya. Mobil ini diciptakan dengan mesin 550cc dengan akselerasi maksimal hingga 120km/jam.

Berturut turut setelahnya Suzuki menghasilkan Fronte, pada 1976 dan meneruskan mobil kei yang sebelumnya diambil dari nama Kei Jidosha.

Sayangnya setelah Cervo SS20, Suzuki hiatus melanjutkan produksi Whizzkid dan keluarganya. Ditengarai hadirnya Jimny mengalihkan arus produksi sebelum akhirnya sempat mengeluarkan Cervo terbaru pada setahun berikutnya.

Whizzkid kemudian lahir dengan kode nama SC100-GX pada tahun 1978 dan dijual ke banyak negara seperti Belanda, Hongkong, serta Indonesia dan Selandia Baru. Mobil ini praktis jadi legenda di negara-negara tersebut sekalipun secara penjualan tak sepopuler Honda Civic.

Namun, Suzuki pada akhirnya berinisiatif untuk membangunkan identitas Whizzkid pada body Suzuki Ignis! Mobil mini SUV yang satu ini siap untuk membangkitkan nostalgia yang sudah lama tersimpan pada penggemar Whizzkid!

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER