HOME » BERITA » GENERASI CX-5 TERBARU SEGERA MELUNCUR, GENDONG MESIN 6 SILINDER DAN PLATFORM RWD

Generasi CX-5 Terbaru Segera Meluncur, Gendong Mesin 6 Silinder dan Platform RWD

Generasi lanjutan Mazda CX-5 dikabarkan menggunakan mesin enam silinder dan penggerak roda belakang.

Kamis, 15 Juli 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Generasi CX-5 Terbaru Segera Meluncur, Gendong Mesin 6 Silinder dan Platform RWD
Generasi kedua Mazda CX-5. (Mazda)

OTOSIA.COM - Mazda baru saja menyegarkan varian CX-5 dengan menyematkan konsep Kuro Edition pada bulan April lalu. Kabar terbarunya, pabrikan asal Jepang itu bakal meluncurkan generasi lanjutan CX-5 dengan teknologi lebih canggih.

Melansir autobuzz.my, Selasa (13/7/2021), Mazda CX-5 tidak lagi akan menggunakan mesin 4-silinder, tapi justru mengganti konfigurasinya dengan 6-silinder.

1 dari 4 Halaman

Inisiatif Mazda ini tentu saja berlawanan dengan konsep pabrikan lain yang justru mengurangi jumlah silinder dan menambahkan dengan Turbo, contohnya saja si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Mazda memang terlihat seperti melawan arus. Akan tetapi, mereka mengklaim bahwa teknologi ini justru akan meningkatkan tenaga dan menekan konsumsi bahan bakar.

2 dari 4 Halaman

Komitmen tersebut didukung oleh peranti SkyActive-X kebanggaan mereka. Artinya, meski jumlah silindernya bertambah, daya dorongnya akan dibantu oleh perangkat elektrik yang secara langsung mengurangi beban kerja mesin.

"Mazda akan terus berinvestasi pada mesin bahan bakar berefisiensi tinggi melalui SkyActiv-X, dan mesin enam silinder terbaru ini akan tersedia untuk (mobil-mobil) berukuran bongsor, yakni CX-5 dan (model) di atasnya," jelas Vinesh Bhindi, Managing Director Mazda Australia seperti dikutip carsales.com.au.

3 dari 4 Halaman

Platform RWD Mazda dengan teknologi Mild Hybrid. (Mazda via autobuzz.my)

Di lain sisi, penggeraknya pun bakal bergeser ke belakang menjadi Rear Wheel Drive (RWD). Isu ini pun sepertinya bertolak belakang dengan rumor lahirnya All-New Avanza yang sebelumnya berpenggerak belakang, ditarik menjadi Front Wheel Drive (FWD).

Pemilihan penggerak itu rupanya menyesuaikan bentuk sasis baru mereka yang lebih mendukung untuk mobil listrik.

4 dari 4 Halaman

Bergulirnya informasi tersebut relevan dengan pernyataan Mazda sebelumnya yang menyebutkan bahwa mereka bakal fokus pada 48 volt mild hybrid sebagai pendorong mesin bensin dan diesel.

Bocoran yang sebelumnya sempat tersebar ke berbagai media otomotif menjelaskan komponen mild hybrid itu akan ditanamkan pada mesin 3.0 liter bensin dengan power total 281 hp/340 Nm dan 3.3 liter turbo diesel dengan semburan tenaga 281 hp/600 Nm.

Ketika berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi terkait spekulasi di atas termasuk detail lainnya seperti harga maupun tanggal peluncurannya.

BERI KOMENTAR